Penyebab dan Cara Mengatasi Kegemukan Pada Kucing

penyebab dan cara mengatasi kegemukan pada kucing  – Kucing yang gemuk mungkin saja terlihat lucu karena menggemaskan dan anda dapat dijadikan sebuah bantal hidup yang empuk. Namun dibalik itu ada berbagai macam penyakit yang akan dialaminya akibat kegemukan yang ia alami.Pada tahun 2015 terdapat sekitar 30% kucing di amerika menderita kegemukan/obesitas. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak disadari oleh pemiliknya. Salah satunya adalah ketidaktahuan si pemilik kucing dalam pemberian asupan nutrisi pada si kucing sehingga kucing terlalu dimanjakan dengan makanan yang selalu tersedia ketika dia ingin makan. Sebagai pemilik kucing, kita harus bisa menjadi orang tua yang bijaksana bagi si kucing yaitu harus bisa mengontrol asupan nutrisi bagi si kucing sehingga kegemukan ataupun kekurangan nutrisi dapat di hindari. 

Berikut merupakan statistik dari kucing-kucing yang ada di amerika pada tahun 2015 terkait dengan berat badannya.

f12
sumber: http://petobesityprevention.org/pet-obesity-fact-risks

Dari data tersebut terlihat bahwa kucing yang menderita kegemukan adalah sekitar 30%, overweight sekitar 29% dan kucing dengan berat badan normal sekitar 39%.  

Penyebab kucing menderita kegemukan

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan kucing yang kita sayangi menderita masalah kegemukan. Namun ada 2 faktor utama yang menjadi penyebab banyaknya kucing menderita kegemukan yaitu:

1. Asupan nutrisi yang berlebihan

Sebagai pemilik kucing mungkin kita semua ingin membuat kucing kita selalu terlihat senang dengan cara memanjakannya. Namun kebanyakan orang salah mengambil langkah dalam hal memanjakan kucingnya yaitu dengan cara memberikan makanan secara terus menerus kepada si kucing. Ketika kita melakukan hal tersebut mungkin si kucing akan terlihat senang karena keinginannya untuk terus makan dapat terwujud. Namun secara tidak langsung hal tersebut malah akan membunuh si kucing secara perlahan-lahan atau istilahnya killing With Kindness.

Oleh karena itu untuk menghindari pemberian makanan yang berlebihan kepada si kucing maka sangatlah diperlukan pengetahuan tentang tatacara pemberian makanan (balance diet) yang baik kepada si kucing. 

2. Kucing Malas Bergerak

penyebab dan cara mengatasi kegemukan pada kucing
sumber: http://www.dailymail.co.uk/

Banyak sekali faktor yang menyebabkan kucing menjadi malas bergerak seperti sifatnya sendiri yang sudah malas atau tidak diberikan akses untuk bermain diluar rumah. Faktor yang sering terjadi adalah tidak diberikan akses untuk bermain di luar rumah sehingga menjadi kebiasaan kucing untuk berdiam diri atau tidur sepanjang hari. Asupan makanan yang terus diberikan sedangkan kalori tidak digunakan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuhnya semakin bertambah.

Ada baiknya anda sebagai pemilik kucing tersebut selalu mengajaknya bermain setiap hari. Tidak usah terlalu lama jika anda memiliki kesibukan yang sangat padat. Cukup sediakan waktu 10-15 menit untuk si kucing. Anda dapat mengajarinya bermain dengan mainan khusus untuk kucing seperti tikus mainan dengan remote control, seutas tali, laser, atau anda dapat mengajarinya dengan metode clicker agar si kucing menjadi lebih pintar.

Apabila anda memiliki waktu luang yang lebih, cobalah ajak dia berkeliling ke luar rumah atau mengajak tetangga yang juga memiliki kucing untuk mengenalkannya kepada kucing anda. Semakin banyak kucing anda bergerak maka hal itu menandakan semakin sehat dan bahagia kucing tersebut. Jika asupan nutrisi dipenuhi dan dia sangat aktif maka penyakit yang terkait dengan kegemukan pun dapat dihindari sehingga umur kucing anda menjadi lebih panjang.

Dampak Kegemukan Pada Kucing

Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa jika kucing yang kita miliki mengalami obesitas maka akan menyebabkan kucing menjadi semakin malas untuk bergerak dan bermain. akibatnya akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuhnya dan terjadi berbagai komplikasi penyakit yang akan mengancam kesehatan kucing tersebut. Penyakit yang biasa diderita oleh kucing yang mengalami obesitas adalah

  • Diabetes Melitus. Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi setiap makhluk hidup. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik manusia maupun hewan, termasuk kucing kita. Diabetes melitus sendiri merupakan suatu penyakit ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan hormon insulin yang mengatur kadar gula di dalam darah dengan cara mengubah glukosa menjadi glikogen. Ketika tubuh kekurangan hormon insulin, maka tubuh tidak bisa menggunakan glukosa untuk dipecah menjadi energi sehingga lemak dan protein lah yang menjadi bahan untuk keperluan energi. Akibatnya tubuh akan kekurangan protein dan lemak. Selain itu kadar gula dalam darah yang terlalu banyak akan dibuang melalui urin sehingga penyakit ini sering dinamakan dengan penyakit kencing manis yang akan memaksa penderitanya untuk terus buang air kecil yang akhirnya akan menyebabkan dehidrasi. Dalam jangka panjang penyakit ini akan menyebabkan kucing anda malah akan menjadi kurus dan kekurangan energi. Parahnya penyakit ini merupakan peyakit yang tidak bisa disembuhkan dan lama kelamaan membawa penderita kepada kematian.
  • Arthritis. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang persendian si kucing. Ketika kucing anda menderita arthritis maka si kucing akan kesakitan ketika melakukan aktifitas seperti melompat dan berlari. Akibatnya kucing akan lebih sering berdiam diri dan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuhnya semakin banyak.
  • Hepatic Lipidosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh kucing. Penyakit ini juga sering disebut sebagai penyakit kuning pada kucing. Normalnya ketika tubuh kucing kekurangan energi salah satu cara yang digunakan adalah mengubah lemak yang tersimpan di dalam tubuh menjadi lipoprotein yang merupakan salah satu sumber energi cadangan ketika tidak ada glukosa. Karena tubuh kucing tidak desain untuk menampung lemak dalam jumlah yang sangat banyak, maka lemak yang tadinya harus di simpan di dalam tubuh akan dikirim ke dalam hati untuk di ubah menjadi lipoprotein. Ketika jumlah lemak terlalu banyak, maka kerja hati akan semakin berat dan tidak efisien sehingga lemak akan rusak dan berubah menjadi kuning. Lemak yang rusak ini akan masuk kedalam sistem peredaran darah dan akan menyebabkan bagian tubuh seperti mata, kuku, dan gigi menjadi kuning. Penyakit ini juga dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi penyakit yang lain atau bahkan menyebabkan kematian.

cara mengetahui kucing yang menderita kegemukan

untuk mengetahui apakah kucing anda menderita kegemukan atau tidak, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menimbangnya. Berikut ini merupakan data yang didapatkan dari http://petobesityprevention.org tentang berat badan ideal untulk beberapa jenis ras kucing.

f11

Anda dapat menemukan berat ideal untuk jenis kucing ras lain di internet. Data diatas hanya untuk kucing dewasa. Apabila anda ingin menghitung berat badan ideal berdasarkan jenis kucing ras dan umur dari si kucing, anda dapat mengunjungi http://www.petmd.com/healthyweight. Kucing disebut menderita obesitas apabila berat badan yang dia miliki lebih dari 20% berat idealnya.

Solusi untuk kucing yang menderita kegemukan

1. Perhatikan Asupan Nutrisi Yang Masuk

Untuk menjaga agar berat badan si kucing tetap ideal, maka diperlukan pengetahuan untuk menghitung jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh si kucing. Berikut ini akan dijelaskan salah satu cara untuk menghitung jumlah makanan yang sesuai dengan berat badan si kucing. Perlu diketahi bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk kucing dewasa. Kucing dikatakan dewasa ketika umurnya kira-kira sudah mencapai 18 bulan atau 1,5 tahun.

Tatacara menghitung jumlah makanan yang diperlukan sesuai jenis makanan yang diberikan

Basically, ada 6 jenis nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kucing dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Semua nutrisi tersebut dapat diperoleh dari berbagai macam sumber makanan. Dari ke 6 jenis nutrisi tersebut yang menjadi sumber energi sekaligus sumber utama yang menjadi cikal-bakal kucing mendertia kegemukan adalah lemak (Fat), Karbohidrat, dan Protein sehingga diperluakan teknik/rumus untuk menghitung jumlah nutrisi tersebut. Berikut akan dijelaskan tatacara perhitungan jumlah makanan yang diperlukan untuk setiap jenis produk makanan tertentu:

f1
Tabel 1

Tabel 1 merupakan tabel densitas atau jumlah kandungan energi per gram nutrisi (fat, protein, & karbohidrat). Perlu diingat bahwa tabel di atas hanya untuk kucing dewasa.

f2

Formula di diatas digunakan untuk menghitung jumlah kalori yang terkandung dalam suatu produk.

f4

Formula diatas digunakan untuk menghitung DER atau jumlah energi yang dibutuhkan oelh kucing.

Studi kasus

Misalkan anda memiliki kucing bernama Jack. Jack merupakan seekor kucing domestik dengan berat badan sebesar 5 kg dan sudah disterilisasi. Misal anda sering memberikan wet food kepada jack dengan spesifikasi persen nutrisi sebagai beriktut.

f5

Dengan menggunakan tabel 1 dan formula 2 kita dapat menghitung jumlah kalori yang terdapat dalam makanan tersebut.

f6

Dalam makanan tersebut terkandung energi sebesar 800 kilocalori/kg makanan.

f7

Tabel diatas digunakan untuk menentukan rata-rata DER (daily energy requirements).

Karena Jack sudah disterilisasi, maka kita pilih harganya sebesar 87 kcal ME/ kg0.67

Dengan menggunakan formula 4, maka jumlah DER yang dibutuhkan sebesar

f8

Jumlah makanana yang diperlukan adalah 

f9

Sehingga jumlah makanan yang harus diberikan kepada jack adalah 320 gram makanan tersebut.

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan kalkulator penghitung jumlah makanan untuk kucing untuk melakukan perhitungan tersebut.

2. Membuat kucing menjadi lebih aktif

Ada baiknya anda sebagai pemilik kucing tersebut selalu mengajaknya bermain setiap hari. Tidak usah terlalu lama jika anda memiliki kesibukan yang sangat padat. Cukup sediakan waktu 10-15 menit untuk si kucing. Anda dapat mengajarinya bermain dengan mainan khusus untuk kucing seperti tikus mainan dengan remote control, seutas tali, laser, atau anda dapat mengajarinya dengan metode clicker agar si kucing menjadi lebih pintar.

Apabila anda memiliki waktu luang yang lebih, cobalah ajak dia berkeliling ke luar rumah atau mengajak tetangga yang juga memiliki kucing untuk mengenalkannya kepada kucing anda. Semakin banyak kucing anda bergerak maka hal itu menandakan semakin sehat dan bahagia kucing tersebut. Jika asupan nutrisi dipenuhi dan dia sangat aktif maka penyakit yang terkait dengan kegemukan pun dapat dihindari sehingga umur kucing anda menjadi lebih panjang.

Berikut merupakan hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membuat kucing anda bergerak

  • Menggunakan tikus remote control

remot-control-tikus

Mainan ini dapat anda gunakan untuk mengajak kucing anda bermain. Dengan mainan ini anda dapat membuat kucing anda mengejar mainan tersebut seolah-olah dia sedang mengejar seekor tikus. Mainan ini dapat anda dapatkan di petstore terdekat ataupun di toko online dengan harga sekitar 50 ribu rupiah.

  • Menggunakan laser pointer

laser-pointer

Dengan mainan ini anda dapat membuat kucing anda lebih banyak bergerak. Kucing anda akan mengejar cahaya yang disorotkan ke daerah yang dekat dengan si kucing. Harganya juga cukup murah sekitar 15-20 rb rupiah .

  • Membuat kucing menjadi lebih pintar dengan metode clicker

what-is-clicker-training

Metode clicker merupakan salah satu metode yang dapat anda gunakan untuk membuat kucing anda menjadi lebih pintar. Dengan metode ini anda dapat mengatur si kucing agar dapat bergerak sesuai dengan yang anda inginkan. Harga dari clicker juga terbilang cukup murah yaitu sekitar 30 rb rupiah.

  • Gerakan tempat makan

Selain dengan menggunakan mainan, anda juga dapat membuat kucing anda mau bergerak dengan cara menggerakkan tempat makan si kucing ketika sedang memberinya makan. Alternatif yang lain adalah dengan cara melempar dry food sedikit demi sedikit ke daerah yang tidak terlalu jauh dengan si kucing tetapi membuatnya tetap bergerak.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *