Cara Memandikan Kucing Tanpa Hair Dryer

Cara memandikan kucing tanpa hair dryer – Kucing merupakan makhluk yang pada dasarnya tidak menyukai air meskipun ada beberapa jenis kucing yang menyukai air. Mereka tidak menyukainya karena ada beberapa faktor seperti sensasi dingin yang dirasakan ketika kulitnya menyentuh air atau bulunya menjadi berat karena terkena air. Selain itu bulu kucing pada bagian-bagian tertentu memang cukup sensitif terhadap air sehingga ketika bagian tersebut basah akan membuatnya tidak nyaman.

Ada beberapa alasan kita memandikan kucing yang kita pelihara di antaranya adalah bulunya yang kotor, banyak kutunya, atau hanya kegiatan rutin saja. Sebernarnya secara alami kucing diciptakan oleh tuhan dapat mempertahankan tubuhnya tetap bersih yaitu dengan cara menjilatinya. Mungkin kamu pernah melihat kucing di jalanan yang cukup bersih meskipun kucing tersebut bukanlah kucing yang dipelihara seseorang.

Jika kita amati sebenarnya penyebab kucing kotor tersebut bukanlah disebabkan oleh ketidakmampuan si kucing dalam membersihkan tubuhnya melainkan karena ada pengotor atau hama pengganggu yang datang dari luar. Oleh kerana itu untuk mencegah hal tersebut kita perlu untuk tetap membantu kucing kita agar tetap bersih yaitu dengan cara memandikannya.

Memandikan kucinng sebenarnya termasuk susah-susah gampang tergantung karakter si kucing. Ada kucing yang ketika dimandikan dia tetap tenang dan ada juga kucing yang langsung berontak ketika tercelup sedikit saja ke dalam air. Oleh karena itu kita tetap memerlukan cara yang tepat agar proses memandikan si kucing berjalan lancar.

Sebelum kamu memandikan kucingmu, pertama-tama kamu harus memerhatikan 2 hal berikut.

1. Pastikan kondisi kucingmu dalam keadan baik. Jika dia sedang sakit alangkah baiknya jangan dimandikan karena dapat memperparah kondisinya.

2. Jika kamu baru pertama kali memandikan kucing maka kemungkinan kucingmu akan berontak dengan cara mencakar, menggigit ataupun lari. Oleh karena itu carilah tempat yang tertutup seperti kamar mandi agar kucingmu tidak lari ketika dimandikan.

Setalah kamu selesai mempertimbangkan hal tersebut maka kamu siap untuk memandikan kucingmu.

Langkah-langkah dalam memandikan kucing antara lain:

1. Meyiapkan alat-alat yang diperlukan

  • Ember, gayung dan air hangat

Pertama tama kamu harus menghangatkan air terlebih dahuliu.  Jumlah air yang dihangatkan tergantung kebutuhan kamu. Selain itu  Jangan gunakan air dingin karena dapat membuatnya kedinginan dan dapat membuatnya sakit.

Setelah air hangat siap, maka selanjutnya adalah menyiapkan ember sesuai dengan banyaknya air yang dibutuhkan dan juga gayung atau alat lain yang bisa dipakai untuk membasuh badannya nanti ketika sedang dimandikan.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencelupkan secara langsung kucingmu kedalam wadah. Namun hal ini akan membuat kucingmu trauma jika dia belum pernah dimandikan sama sekali.

  • Siapkan shampo untuk mandi si kucing

Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memandikan kucingmu dengan shampo khusus kucing atau dengan shampo bayi.

sumber: petshopindonesia.com

Selain menggunakan shampo khusus kucing kamu juga bisa menggunakan shampo bayi. Memandikan kucing dengan shampo bayi tidak akan berdampak buruk terhadap kucingmu karena shampo bayi biasanya dirancang khusus untuk bayi yang kulitnya sangat sensitif sehingga kucing pun dapat memakainya.

Sebenarnya setiap jenis kucing memiliki PH balance atau ketahanan kulitjnya terhadap bahan-bahan shampo pada PH (tingkat keasaman zat) tertentu sehingga jika kamu salah memilih shampo makan bukan tidak mungkin akan membuat bulu kucingmu menjadi rontok.

Oleh karena itu saran saya adalah jika kucingmu adalah kucing kampung yang bulunya tidak terlalu sensitif maka kamu boleh untuk menggunakan shampo bayi. Namun jika kucingmu adalah kucing ras maka alangkah baiknya tetap memilih shampo yang didesain khusus sesuai dengan PH balance kucingmu.

  • Siapkan sisir dan gunting kuku untuk kucing

Cat Clipper

Cat Clipper digunakan untuk memotong cakar kucingmu yang panjang dan kotor sehingga menjadi lebih bersih. Dengan menggunakan gunting kuku ini kamu tidak akan khawatir jika kucing kamu nantinya akan terluka/berdarah.

sumber: tokopedia.com

Sisir dan sikat

Sisir dan sikat khusus untuk hewan ada beberapa macam diantaranya

a. Slicker Brushes

cara memandikan kucing tanpa hair dryer

b. Pin brushes

cara memandikan kucing 2
sumber: www.1allsystems.com

c. Bristle Brushes

 

d. Combs

sumber: www.groomersmall.com

Dengan sisir-sisir tersebut kamu bisa merapikan bulu kucing sesuai dengan jenis bulu yang dia miliki sehingga proses grooming atau penyisiran bisa menjadi lebih efektif.

  • Siapkan alat pengering

Image result for handuk
sumber: www.hoorei.com

 

Untuk alat pengering kamu bisa menggunakan handuk kering atau menggunakan kanebo. Usakahan handuk yang kamu gunakan lebih dari satu karena biasanya kucing yang basah akan cukup susah untuk dikeringkan apalagi jika bulunya panjang. Satu handuk bisa digunakan untuk menyerap air ketika basah dan satu lagi dipakai untuk mengeringkan. Selain itu kamu juga bisa memandikan kucingmu dengan hairdryer atau blower. Namun dalam artkel kali ini keduanya tidak akan dibahas.

  • Baby oil dan bedak bayi (opsional)

Kamu juga bisa menggunakan minyak telon bedak khusus untuk bayi. Dengan menggunakan kedua benda tersebut kamu bisa membuat kucing kamu lebih hangat dan nyaman.

baca juga: 7 kelebihan kucing kampung dibandingkan kucing ras

2. Mulai memandikan kucing

Setelah kamu selesai menyiapkan alat-alat untuk memandikan kucingmu, maka langkah selanjutnya adalah mulai memandikannya. Berikut langkah-langkah memandikan kucingmu tanpa hairdryer.

  • Siapkan Air hangat

Pertama-tama siapkan air yang telah kamu hangatkan sebelumnya kemudian masukan kedalam ember atau wadah apapun sesuai dengan banyaknya air. Setelah itu cek air yang telah dituangkan tersebut menggunakan jarimu. Perkirakan apakah air tersebut terlalu dingin atau terlalu panas. Tingkat kehangatan dari air yang dipakai akan berpengaruh terhadap kenyamanan kucingmu.

  • Bawa kucing ke tempat mandi

Setelah semua alat siap dan air sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah membawa kucingmu ke tempat yang tertutup seperti kamar mandi. Jika kucingmu baru pertama kali dimandikan jangan mandikan kucingmu di tempat terbuka maka besar kemungkinan kucingmu akan kabur ketika pertama kali menyentuh air. Oleh karena itu bawalah ke tempat tertutup dan kuncilah pintu tempat tersebut agar kucingmu tidak kabur saat dimandikan.

  • Basuh badan kucing

Kemudian basuhlah badan kucingmu sedikit demi sedikit menggunakan gayung sambil menggosok-gosokkan dengan tanganmu secara lembut sampai ke semua bagian tubuhnya. Yang perlu kamu catat adalah jangan pernah membasuh kepala kucingmu secara langsung karena jika tidak hati-hati akan membuat air masuk ke mata atau telinga si kucing.

  • Menggosokkan shampo

Setelah semua bagian tubuh kucingmu basah, maka langkah selanjutnya adalah menggosokkan shampo ke tubuh si kucing. Agar lebih hemat cobalah terlebih dahulu tuangkan shampo yang kamu pakai kedalam gayung secukupnya kemudian encerkan dengan air. Kemudian ambil secuil shampo yang sudah diencerkan tersebut dan gosokkan dengan kedua tanganmu setelah itu barulah menggosokkannya ke seluruh bagian tubuh kucingmu kecuai bagian kepala.

  • Bersihkan bagian kepala

Setelah itu bersihkan bagian kepala kucingmu tanpa menggunakan shampo. Bershikan kotoran belek yang ada di bagian mata kucingmu menggunakan kain lap halus dengan cara mengusapkannya secara halus. Bersihkan juga bagian dalam telinga kucingmu menggunakan cotton buds atau atau kapas. Jika kamu menggunakan cotton buds maka kamu harus berhati-hati supaya telinga kucingmu tidak tertusuk.

  • Membasuh kembali

Selanjutnya basuhlah kembali tubuh kucingmu secara perlahan dengan gayung sampai semua buih shampo tersapu bersih dari tubuh kucingmu.

  • Keringkan tubuh kucing

Keringkan tubuh kucingmu menggunakan 2 handuk yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Gunakan handuk pertama untuk pengeringan pertama dan handuk kedua untuk pengeringan selanjutnya. Selain cara memamndikan kucing tanpa hairdryer kamu juga bisa menggunakan hairdryer untuk pengeringan yang sempurna.

Jika kamu tidak memiliki hair dryer, kamu juga bisa menggunakan kipas angin. Sebenarnya prinsip pengeringan adalah membuat air dari suatu permukaan yang basah bercampur dengan udara kering sekitar sehingga kelembaban udara meningkat. Oleh karena itu dengan mengalirkan udara menggunakan kipas akan membantu pengeringan pun menjadi lebih cepat. Selain menggunakan kipas angin kamu juga bisa menggunakan kipas biasa.

  • Potong Cakar kucing

Setelah tubuh kucingmu cukup kering maka selanjutnya adalah memotong cakar kucingmu menggunakan clipper. Kamu sebenarnya juga bisa menggunakan gunting kuku untuk manusia, tetapi jika kamu tidak berhati-hati maka akan memlukai kucingmu. Jangan sampai memotong cakar sampai ke jaringan kulit karena akan menimbulkan pendarahan. Pangkulah kucingmu dengan penuh kasih sayang kemudian pegang kakinya dan keluarkan cakarnya. Setelah itu potonglah satu persatu sampai cakarnya terlihat cantik.

  • Berikan hadiah

Setelah semuanya beres, berilah kucingmu makanan atau susu sebagai tanda cinta kita sekaligus sebagai tanda terima kasih kita karena sudah mau menurut karena mau dimandikan.

harus baca: 6 jenis kucing hutan di dunia yang hampir punah

Itulah penjelasan mengenai cara memandikan kucing tanpa hairdryer. Cobalah mandikan kucingmu secara rutin minimal sekali dalam sebulan untuk menjaga kucingmu tetap bersih. Semoga artikel ini dapat membantumu. Terima kasih

Kata kunci: cara memandikan kucing tanpa hairdryer, memandikan kucing dengan shampoo bayi, memandikan kucing tanpa hairdryer, shampo untuk kucing, cara memandikan kucing anggora, cara memandikan kucing kampung, cara memandikan kucing kampung, cara memandikan kucing persia, cara memandikan kucing yang benar.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *