Alasan Mengapa Kucing Takut Pada Mentimun

Alasan Mengapa Kucing Takut Pada Mentimun – Di dunia maya sempat viral dengan video-video lucu yang menunjukan reaksi kucing ketika dikagetkan oleh mentimun. Reaksi kaget si kucing yang berlebihan mulai dari lompat tinggi hingga lari dengan terbirit-birit. Apa yang sebenarnya terjadi?

Mentimun (Cucumis Sativus) merupakan tumbuhan yang buahnya dapat dimakan atau dijadikan obat. Mentimun berbentuk lonjong dengan warna hijau dengan larik-larik keputihan. Mentimun bersifat pasif atau tidak dapat bergerak dan juga tidak berbahaya.

Lalu apa yang membuat kucing ketakutan ketika melihat mentimun? Mari kita bahas disini.

Alasan kucing takut pada mentimun

“Jadi, ketakutan kucing itu bukan akibat ciri khusus yang dimiliki oleh mentimun, tetapi lebih pada situasi yang awam bagi kucing-kucing itu,” Dr. Mugford.

Dr. Roger Mugford, spesialis tingkah laku hewan, mengungkapkan bila reaksi berlebihan pada kucing saat melihat mentimun terjadi akibat melihat hal baru yang tidak terduga dengan keberadaan yang senyap dari arah belakang kucing ketika sedang asyiknya makan.

Kucing merupakan predator yang memiliki naluri berburu bahkan mendeteksi bahaya sekalipun. Kucing akan menaruh curiga ketika ada hal yang membahayakan dirinya atau membuatnya terusik. Begitu pula dengan keadaan yang tiba-tiba terjadi tanpa diduga sebelumnya. Tentu saja ini berlaku untuk keberadaan mentimun di belakang kucing ketika sedang asik makan atau melakukan hal lain.

Kucing terbiasa melihat hal yang bergerak-gerak, sedangkan mentimun bersifat pasif atau tidak dapat bergerak. Tentu melihat hal itu kucing akan menaruh curiga bahkan menghindari bahaya dari mentimun tersebut. Apalagi jika hal tersebut terjadi tiba-tiba dan tidak diduga oleh si kucing.

Ketika kucing melihat sesuatu hal yang dicurigai kucing akan mengeluarkan suara yang keras, melompat, lari tanpa tujuan, berancang-ancang untuk melawan atau mendekati yang dicurigai dengan berhati-hati. Tentu hal ini mudah diamati bagi yang memiliki kucing.

Ketika kucing melihat mentimun secara tiba-tiba, kucing akan berpikiran bahwa itu adalah ular atau predator yang siap menerkam si kucing atau bahaya lainnya. Oleh karena itu, kucing lebih memilih untuk menghindari hal tersebut sesegera mungkin. Tentu hal ini tidak berlaku untuk mentimun saja, karena benda bersifat pasif sangat banyak ditemui. Sama halnya jika Anda menaruh laba-laba mainan atau benda pasif yang serupa.

Dampak menaruh mentimun dibelakang kucing dan melakukan hal yang serupa bagi si kucing.

Jika Anda melakukannya dan menceritakan pada orang sekitar Anda, mungkin akan ada yang terhibur oleh apa yang Anda lakukan, mungkin juga orang tersebut akan berpikir bahkan bertanya “Dimana sisi kemanusiaanmu? Jika melakukan hal tersebut hanya untuk kesenangan semata tanpa memikirkan perasaan si kucing.”

“Anda bisa lihat dari tingginya kucing itu meloncat, betapa stresnya kucing itu,” ujar Hutchison.
Menurut Pippa Hutchison, ilmuwan tingkah laku hewan, aksi kucing terkejut saat melihat kucing ini bukanlah sesuatu yang lucu atau pantas menjadi hiburan. Alasannya, terkejutnya si kucing akibat mentimun itu adalah bentuk dari stres.

“Ketika si kucing melihat pemilik meletakkan mentimun di lantai, hal itu bisa merusak hubungan dengan si kucing,” lanjut Hutchison.
Hutchison mengatakan bila keterkejutan si kucing membuat sistem saraf simpatiknya memicu jantung berdetak lebih cepat. Oleh karena itu, mengulangi aksi mengageti dengan mentimun disebut bisa memberikan dampak merusak bagi tubuh si kucing, termasuk hubungannya dengan si pemilik.

Kucing tidak memiliki akal untuk berpikir logis dengan apa yang terjadi. Tetapi kucing hanya berfikir untuk menyelamatkan dirinya dari bahaya. Ketika Anda melakukan hal tersebut kucing akan mengingatnya dan tidak akan berpikir bahwa yang melakukan hal itu adalah Anda dengan maksud candaan. Si kucing hanya berfikir bahwa ada bahaya yang membuatnya terancam, bisa jadi si kucing akan menghindari daerah pemiliknya karena mengetahui bahwa ada bahaya disana.

Jika si kucing mengetahui Anda yang melakukannya tapi tidak mengetahui bahwa itu hanyalah candaan. Maka si kucing akan menghindari bahkan mewaspadai Anda, tentu hal tersebut bukanlah yang diinginkan bagi pemilik kucing. Dan itu akan merusak hubungan kucing dengan pemiliknya.

Kucing juga merupakan makhluk hidup. Dimana jika kucing banyak dikejutkan maka akan stres, dan jika stres itu sering dialami maka itu akan merusak tubuh si kucing.

Oleh karena itu, silahkan bercanda dengan si kucing tetapi jangan terlalu berlebihan dengan tidak memikirkan perasaan si kucing. Karena kucing juga makhluk hidup yang butuh akan kasih sayang dan diperlakukan sewajarnya. 

Sumber Referensi:https://www.merdeka.com/teknologi/mengapa-kucing-ketakutan-saat-lihat-mentimun.html ~ https://id.wikipedia.org/wiki/Mentimun

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *