Abyssinian

Kucing ras Abyssinian diduga merupakan salah satu jenis kucing ras yang paling tua di dunia. Meskipun begitu, banyak sekali teori dan spekulasi yang berkaitan dengan asal mula dari kucing ini.

Jika dilihat dari penampilan, Abyssinians menyerupai lukisan dan patung kucing di zaman Mesir kuno yang memiliki penampilan elegan dengan tubuh berotot, leher melengkung indah, telinga besar dan mata berbentuk almond.

Abyssinian juga diduga sangat erat kaitannya dengan kucing liar yang berasal dari hutan di afrika bernama Felis lybcia yang diduga merupakan nenek moyang dari semua jenis kucing ras domestik saat ini

[pjc_slideshow slide_type=”abyssinian”]

Sejarah

Meskipun tidak ada orang yang tahu secara pasti dari mana abyssinian pertama kali muncul, namun saat ini banyak yang meyakini bahwa kucing ini merupakan keturunan langsung dari kucing yang dianggap suci dan dipuja  oleh orang-orang pada zaman mesir kuno 4000 tahun yang lalu. Orang-orang mesir pada saat itu percaya bahwa kucing ini merupakan perwujudan dari dewa sehingga banyak sekali lukisan dan patung ditemukan di istana-istana dan kuil tempat bersembahyang orang-orang disana.

Seekor abyssinian bernama Zula dikirim dari abyssinia (atau yang saat ini dikenal dengan nama Ethopia (Mesir)) menuju inggris pada masa akhir perang abyssinia tahun 1868 menurut Dr. Staples di dalam bukunya pada tahun 1874. Kucing ini merupakan kucing pertama yang menjadi cikal bakal kucing Abyssinian yang sekarang banyak dikembangbiakkan di inggris.

Kucing Abyssinian saat ini diduga bukanlah keturunan asli dari Zula karena tidak ada bukti kuat yang dapat membuktikannya. Banyak orang meyakini bahwa kucing Abyssinian merupakan persilangan antara Zula dengan kucing-kucing lain yang ada di inggris.

Penelitian baru-baru ini juga menyebutkan bahwa kucing ini merupakan persilangan antara kucing ras yang di temukan di Asia tenggara dan kucing ras yang di temukan di pesisir pantai di daerah India.

Selain itu, kucing ini pertama kali muncul di daratan Amerika pada awal tahun 1900 an dan pertama kali diikutsertakan kedalam ajang-ajang kontes kecantikan pada tahun 1909.

Pembiakan kucing ini mulai aktif dilakukan di tahun 1930 an namun kemudian hilang lagi beberapa saat setelah itu.

Saat ini kucing Abyssinian adalah salah satu kucing yang sangat popular untuk dikembangbiakkan dan dijadikan hewan peliharaan karena kepintaran dan kelucuan dari sifat-sifatnya.

Ukuran

Kucing ini merupakan kucing yang berukuran medium dengan berat 3 – 4.5 kg.

Sifat-Sifat

Dari sekian banyak ras kucing, Aby (singkatan kucing ini) merupakan kucing yang sangat aktif dan pintar. Dia dapat memanjat, melompat kesana kemari, dan bermain dengan sangat aktif. Tidak ada yang bisa lari dari perhatian kucing yang sangat pintar dan rasa penasarannya sangat tinggi ini. Hal ini merupakan tantangan dan hiburan tersendiri bagi para breeders yang memilikinya.

Ketika bermain dengan Aby, kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Mungkin saja ketika kamu sedang memegang sesuatu seperti handphone dia akan merebutnya, sehingga banyak orang yang menyebutnya Aby-Grabbys karena tingkahnya yang selalu ingin merebut barang yang sedang pemiliknya pegang dan membuatnya penasaran.

Kadang-kadang Aby terlihat tidak pernah diam ataupun tidur. Dia selalu bergerak kesana kemari, melompat ke jendela, ataupun mengejar hewan-hewan kecil yang selalu membuatnya ingin terus bergerak.

Aby juga merupakan kucing yang dapat beradaptasi dan cocok dengan setiap rumah yang baru ditinggalinya apalagi ketika mereka diberikan banyak kasih sayang dan perhatian. Aby juga sangat cocok untuk dibawa berjalan-jalan keluar rumah. Ketika Aby dibiarkan sendiri dirumah, mungkin saja kamu akan merihat rumahmu diobrak abrik olehnya karena dia ingin mencari sesuatu yang menurutnya menarik untuk diajak bermain.

Karena Aby sangat senang bermain, sangat dianjurkan untuk membeli beberapa mainan anak agar dia tidak bosan. Kamu bisa mengajaknya bermain dengan bola pingpong, tutup botol, remasan kertas, ataupun mainan-mainan lain yang sejenis sehingga dia terhibur. Namun sekalinya kamu ajak bermain, kucing yang satu ini akan terus mengajakmu bermain dan tidak ingin berhenti. Contohnya seperti video di bawah ini.

Kesehatan

Kucing ras asli maupun kucing hasil persilangan sering mendapatkan beberapa masalah kesehatan yang dapat membuatnya menderita atau bahkan meninggal. Beberapa masalah kesehatan yang dapat dialami oleh kucing Abyssinian adalah:

  1. Periodontal desease, yaitu penyakit yang menyerang
  2. Sindrom Hyperesthesia, yaitu masalah neurologis yang menyebabkan kucing ini terlalu berlebihan membersihkan bulunya sehingga bulunya rontok. Selain itu penyakit ini dapat menyebabkan kucing agresif ketika mereka disentuh atau dielus.
  3. Patellar luxation, yaitu penyakit kelainan pada sendi lutut. Penyakit ini merupakan penyakit turunan yang ditularkan oleh indukannya. Penyakit ini memiliki beberapa tingkatan dari mulai ringan sampai berat. Apabila kondisi yang diakibatkan sangat parah, penyakit ini dapat diatasi dengan jalan operasi.
  4. Renal amyloidosis, yaitu penyakit yang diwariskan dari induknya dimana terdapat suatu protein yang bernama amiloid diendapkan di organ tubuh, terutama ginjal pada kucing Abyssinian. Ketika penyakit sudah sangat parah dapat menyebabkan kucing gagal ginjal.
  5. Progressive retinal atrophy, yaitu penyakit yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan dari penglihatan mata sikucing.
  6. Pyruvate Kinase Deficiency (PKD), yaitu penyakit yang diturunkan dari enzim piruvat kinase, suatu enzim yang digunakan oleh sel darah merah. Tanpa enzim tersebut, sel darah merah akan mudah rusak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya tingkat sel-sel ini (anemia hemolitik)

Bulu yang pendek dan halus membuat Aby sangat mudah untuk dipelihara. Dia sangat mudah untuk disisir agar bulunya terawat. Sisirlah bulunya seminggu sekali supaya bulu-bulunya yang mati bisa dibersihkan oleh sisir dan juga untuk mendistribusikan minyak rambutnya. Memandikan Aby dapat membuat bulu-bulu yang rontok dan mati lebih cepat terbuang.

Menyikat gigi Aby dapat mencegah dia terkena penyakit periodontal. Kamu bisa menyikat giginya setiap hari ataupun minimal seminggu sekali. Potong kukunya beberapa minggu sekali agar lebih bersih. Selain itu bersihkan wajahnya dengan kain basah yang lembut untuk menghilangkan kotoran seperti belek yang menempel pada matanya. Janganlah memakai kain yang sama untuk membersihkan kedua matanya agar terhindar dari infeksi mata. Periksa telinganya setiap minggu jika telinganya terlihat kotor. Bersihkan juga telinganya dengan bola kapas atau kain basah menggunakan air hangat. Bila perlu tambahkan cuka apel agar pembersihan lebih optimal. Jangan gunakan kapas penyeka agar bagian dalam telinga si Aby tidak terluka.

Sangat disarankan untuk menyediakan ruangan khusus untuk si Aby. Jangan biarkan si Aby bermain diluar ruangan agar dia terhindar dari kecelakaan ataupun dari orang yang berniat jahat. Selain itu jangan gabungkan si Aby dengan kucing atau hewan lain agar dia tidak terkena penyakit yang dapat menular dari hewan tersebut.

Karakter Fisik

Banyak yang menyebutkan bahwa Aby mirip seperti kucing hutan. Hal ini disebabkan warna bulunya yang sangat mirip dengan kucing hutan lain seperti puma.

Dia memiliki kepala yang agak segitiga dengan mencong yang sedikit menjorok kedepan. Telinganya yang lebar memungkinkan dia dapat mendengar suara dari pemiliknya dengan baik. Matanya yang berbentuk kacang almond dengan kelopak mata berwarna keemasan atau hijau menunjukan besarnya keingintahuan dia terhadap apa yang dia lihat. Di bagian wajahnya terdapat garis hitam yang memanjang dari mata dan alis.

Tubuhnya terlihat berotot seperti kucing persia dengan bentuk panjang dan ramping seperti kucing keturunan oriental, contohnya Siamese. Tubuhnya ditopang oleh kaki yang ramping dengan tulang atas yang kecil, dan cakarnya yang kompak.

Harga Kucing

Si Aby termasuk kedalam jajaran kucing yang cukup mahal yaitu sekitar $700 – $1500 atau sekitar 8-17.5 juta. Namun jika dilihat dari karakter sifatnya yang sangat pintar, wajar saja harga yang diberikan juga cukup tinggi.

Komunitas

Berikut ini informasi tentang komunitas-komunitas pecinta kucing Abyssinian yang ada di seluruh dunia:

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *