83 Macam Macam Kucing Yang Ada Di Dunia (Short Hair)

83 Jenis Ras Kucing Di Dunia – Di dunia ini terdapat macam macam kucing yang dapat kamu pelihara. Di Indonesia sendiri hanya ada beberapa macam kucing saja yang sering dipelihara seperti persia, bengal, maincoon, exotic shorthair, dan lain-lain.

Macam macam kucing tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain baik dari segi sifat kucing maupun penampilannya. Ada jenis kucing yang sangat aktif dan senang sekali ketika di ajak bermain. Ada juga kucing yang hanya diam dan tidur saja seharian. selain itu, harga dari macam macam kucing tersebut juga bervariasi dari gratis sampai ras kucing termahal. Dari beberapa perbedaan itulah setiap orang dapat memilih kucing mana yang dapat mereka pilih sesuai dengan selera masing-masing. 

Dalam artikel ini saya hanya akan membahas macam-macam kucing peliharaan yang memiliki bulu pendek (short hair) di dunia. Untuk jenis kucing longhair, saya akan membahasnya di lain waktu.

Setidaknya ada 83 jenis ras kucing shorthair yang dapat kamu temukan di dunia ini. Karena macam-macam ras kucing yang akan dibahas disini cukup banyak, maka saya hanya akan menjelaskannya sekilas saja.

Berikut pemaparannya:

Baca juga: 7 alasan kenapa cewek pecinta kucing wajib dijadikan pasangan hidup

1. Exotic Shorthair

jenis ras kuicing Exotic Shorthair

Exotic Shorthair pertama kali di kembangbiakan di amerika serikat sekitar tahun 1960 an. Kucing ini dibiakkan dengan menyilangkan kucing persia dengan beberapa jenis ras kucing  lainnya seperti Burmese, Abyssinian, British shorthair, dan american shorthair.

Kucing ini memiliki wajah yang bulat dengan hidung pesek seperti persian peaknose serta bulu lebat yang pendek. Sifat kucing ini sangatlah aktif dan senang untuk diajak bermain. Dengan sifatnya itu, kucing ini sangat cocok untuk menghibur kamu yang memiliki jadwal kerja yang sangat padat.

2. Khaomanee

Peliharaan Khaomanee

Khaomanee atau yang bisa kita plesetkan menjadi khaumaniis merupakan jenis ras kucing asli dari Thailand. Dalam bahasa thailand khaomanee artinya permata putih sesuai dengan penampilannya yang solid white. Kucing ini diperkirakan ada sekitar abad ke 14, namun baru dilihat di daerah asalnya pada abad ke 20an.

Saat ini khaomanee cukup terkenal di UK dan US. Penampilan jenis ras kucing ini sangat elegan. Ada yang memiliki mata dengan warna yang sama dan ada juga yang warna kedua matanya berbeda. sifat Khaomanee cukup friendly dan kadang berisik.

3. Korat

foto jenis kucing Korat
Korat diperkirakan merupakan kucing asli dari Mesir. Namun saat ini korat lebih terkenal berasal dari Thailand. Orang-orang dari thailand menganggap korat sebagai suatu simbol dari keberuntungan.

Korat mulai muncul di Amerika serikat sekitar pertengahan abad ke 20. Kucing ini memiliki penampilan yang cukup spesial dengan bulunya yang silver kebiru-biruan. Mereka juga memiliki sifat yang cukup aktif namun kadang juga bisa lebih tenang. Korat adalah kucing yang sangat menyayangi pemiliknya.

4. Chineese Li Hua

 Chinese Li Hua

Chineese Li Hua sering disebut juga Drgon Li, merupakan kucing asli dari China. Kucing ini mulai dikenal di dunia sekitar tahun 2003. Chineese Li Hua memiliki tubuh yang cukup besar dan kekar dengan dibalut tabby yang sangat indah. Sifat kucing ini sangatlah aktif. Dia tidak cocok untuk dibiarkan tinggal di tempat yang sempit.

5. Asian-Burmilla

Asian Burmilla
Asian Burmilla mulai dibiakkan setelah terjadi ketidaksengajaan dalam mengawinkan Persian Chinchilla dengan Burmese pada tahun 1981. Perpaduan warna antara Burmese dengan Chinchilla menjadikan penampilan kucing ini sangat elegan. Meskipun cukup jarang dikembangbiakkan, kucing ini cukup populer diantara para cat lovers. Kepribadiaanya cukup aktif namun juga senang ketika dipangku oleh pemiliknya.

6. Asian Smoke

 Asian Smoke

Asian Smoke merupakan kucing hasil persilangan Asian Burmilla dengan Burmese. Kucing ini memiliki penampilan unik dibalut bulu yang cukup solid di bagian kepala/lehernya. Asian smoke akan terlihat berkilau ketika kita mengeluasnya. Kucing ini cukup aktif dan sangat penasaran terhadap sesuatu. Selain itu mereka senang berada di dalam rumah selama ada kasih sayang dari pemiliknya.

7. Asian Solid

Kucing Asian Solid

Pertama kali dibiakkan secara tidak sengaja dengan tujuan untuk membiakkan Burmese. Kucing ini lahir mirip seperti burmese dengan beberapa perbedaan warna. Kucing ini memliki saudara kembarnya yang berwarna hitam yaitu Bombay yang satu jenis dengannya. Selain itu, mereka juga cukup aktif dan sering mengikuti pemiliknya dengan setia.

8. Asian Tabby

 Ras Asian Tabby

Kucing ini merupakan jenis ras kucing yang sering kita lihat sehari-hari. Mereka memiliki badan yang berotot dengan bulu dihiasi tabby yang sangat anggun. Kucing ini tidak kalah dengan jenis yang lain jika dirawat dengan baik. sifat kucing ini ada yang aktif dan ada juga yang cukup pendiam. Mereka sangat senang tinggal dengan manusia dan membutuhkan kasih sayang yang cukup.

9. Bombay

macam macam kucing bombay

Bombay merupakan hasil persilangan dari Burmese dan American Shorthair. Mereka memiliki bulu yang 100% solid hitam. Dengan warnanya tersebut, Bombay akan terlihat berkilau ketika mereka berlari. Kucing ini akan sangat sedih jika ditinggalkan terlalu lama oleh pemiliknya. sifat mereka cukup aktif dan menghibur serta senang berteman dengan anak-anak ataupun hewan lain.

10. Singapura

sifat kucing Singapura

Singapura merupakan kucing yang pertama kali dikembangbiakkan oleh seorang scientist dari Amerika bernama Hal Meadow pada tahun 1970an ketika dia dan istrinya bekerja di Singapura. Kucing ini mulai terkenal di seluruh dunia pada tahun 1990 an meskipun keberadaannya cukup langka. Kucing ini cukup aktif dan senang berada di pangkuan pemiliknya.

11. European Burmese

Kucing Ras Peliharaan Burmese

European Burmese mulai dikembangbiakkan di Amerika pada tahun 1930 an oleh beberapa breeder yang berasal dari Asia tenggara. Kucing ini memiliki penampilan yang sama dengan Burmese namun terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Mereka memiliki leher yang cukup panjang. Kucing ini juga membutuhkan perhatian yang cukup dan senang tinggal dengan manusia. Mereka tidak boleh ditinggal di rumah dalam waktu yang lama karena akan menghilangkan barang-barang pemiliknya.

12. American Burmese

American Burmeser

Ada beberapa perbedaan pendapat tentang bagaimana kucing ini datang ke Daerah barat. Beberapa orang menganggap bahwa kucing ini berasal dari persilangan kucing dari Asia yang dibawa oleh scientist ke Amerika untuk melakukan eksperimen dalam menghasilkan jenis ras kucing yang baru. Kucing ini kebanyakan memiliki bulu berwarna cokelat. Mereka senang tinggal dengan manusia dan tidak pernah cukup untuk meminta kasih sayang kepada pemiliknya.

13. Mandalay

Jenis Mandalay

Pada tahun 1980 an, dua orang breeder dari New Zealand berhasil menyilangkan Burmese dengan kucing domestik sehingga menghasilkan kucing ini. Mandalay memiliki warna yang hampir sama dengan burmese namun variasinya lebih banyak. Kucing ini sangat popular di daerah asalnya. Mandalay memiliki bulu yang licin dan mengkilap dengan mata berwarna keemasan. Mereka cukup aktif dan sayang terhadap pemiliknya. Selain itu mandalay sangat berhati-hati terhadap orang asing.

14. Tonkinese

Tonkinese

Tonkinese berasal dari persilangan antara burmese dengan siamese di Amerika serikat. Mereka memiliki penampilan warna bulu yang memadukan Burmese dan Siamese. Kucing ini memiliki sifat yang ramah dan senang berteman dengan hewan lain. Mereka juga senang bermain dan mamanjat.

15. Oriental-White

Oriental White

Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan di UK sekitar tahun 1950an dengan menyilangkan kucing siamese dengan kucing shorthair berwarna putih. Kucing yang pertama kali dihasilkan dari persilangan memiliki warna mata biru atau orange. Namun seiring berjalannya waktu, hanya kucing yang dengan mata biru saja yang dihasilkan. Mereka memiliki tubuh memanjang dengan penampilan yang 100% putih. Sifat kucing ini hampir sama dengan kucing siamese.

Harus baca: 6 Jenis kucing hutan yang hampir punah

16. Oriental Solid

Oriental Solid

Pertama kali kucing ini dikembangbiakkan pada tahun 1950an dengan menyilangkan kucing siamese dengan kucing shorthair yang lain dengan tujuan untuk menghilangkan warna berbeda yang berpusat pada beberapa titik saja (colorpoint) pada kucing siamese.

17. Oriental Cinnamon And Fawn

 Oriental Cinnamon And Fawn

Jenis ras kucing ras oriental ini cukup jarang ditemukan karena warnanya yang sulit untuk dibiakkan oleh para breeder. Kucing ini pertama kali dibiakkan pada tahun 1960 an dengan menyilangkan Abyssinian dengan kucing siamese.

18. Oriental Smoke

Oriental Smoke

Pada tahun 1971 para breeder mencoba untuk menyilangkan seekor kucing berwarna shaded silver dengan kucing siamese. Dari persilangan tersebut dihasilkan seekor kitten yang miliki perpaduan warna antara kedua kucing tersebut yaitu smoke. Dari hasil yang didapatkan ini, kemudian para breeder terinspirasi untuk mencoba menghasilkan kucing Oriental smoke dengan cara yang sama.

19. Oriental Shaded

Oriental Shaded

Kucing ini merupakan hasil dari persilangan antara kucing siamese dengan persian chinchilla yang memiliki warna bulu shaded silver. Oriental shaded memilki warna silver dengan dihiasi tabby di beberapa titik di tubuhnya.

20. Oriental Tabby

 Oriental Tabby

Dengan bertambahnya kepopuleran kucing oriental berwarna solid, membuat para breeder di dunia tertarik untuk menghasilkan kucing oriental yang memiliki tabby mencolok di seluruh tubuhnya. Kucing ini pertama kali dihasilkan dari persilangan antara kucing tabby yang tidak diketahui silsilah keturunannya dengan kucing siamese.

21. Oriental Tortie

Oriental Tortie

Oriental tortie atau tortoiseshell merupakan jenis ras kucing hasil dari persilangan antara kucing oriental solid dengan kucing siamese yang memiliki warna tortie sekitar tahun 1960an. Kebanyakan kucing oriental tortie adalah betina berkaitan dengan keiinginan para breeder untuk menyebarkan warna tortie ini. Kucing oriental tortie jantan cukup jarang ditemukan dan kebanyakan dari mereka sudah steril.

22. Oriental Bicolor

Oriental Bicolor

Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan di US untuk menambah variasi dari kucing oriental yang sudah ada. Oriental bicolor dihasilkan dari persilangan antara kucing Siamese dengan kucing American Shorthair.

23. Havana

Peliharaan Havana

Havana merupakan salah satu jenis ras kucing peliharaan yang cukup jarang ditemukan. Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan di UK dengan menyilangkan kucing siamese dengan kucing domestik. Di US, para breeder mencoba untuk menghasilkan havana lain dengan tidak menggunakan kucing siamese. Dari hasil itu didapatkanlah kucing seperti gambar pada artikel ini. Havana memiliki sifat yang sangat manja . Mereka butuh perhatian lebih dan senang berada dekat dari pemiliknya.

24. Thai

Kucing Ras Thai

Kucing yang elegan ini pertama kali dikembangbiakkan sekitar tahun1950an dengan tujuan untuk menghasilkan macam macam kucing ras yang mirip dengan siamese. Kucing ini sangat pintar dan aktif, serta senang mencari tahu hal-hal baru yang belum diketahuinya. Mereka juga sangat senang mengikuti pemiliknya kemanapun serta tidak suka jika ditinggalkan terlalu lama di dalam rumah.

25. Siamese Self-Pointed

Siamese Self Pointed

Kucing siamese atau yang sering kita sebut kucing siam merupakan salah satu jenis kucing ras tertua di dunia yang memiliki sejarah panjang. Kucing ini sering dikaitkan dengan berbagai legenda dan mitologi di beberapa tempat di dunia. Siamese Self-Pointed pertama kali di kenal di London sekitar tahun 1870 an dan mulai di kenal di US pada dekade yang sama. Kucing ini juga merupakan kucing yang sangat pintar dan dan enerjik. Mereka senang diajak bermain dan membutuhkan kasih sayang yang cukup dari pemiliknya. 

26. Siamese Tabby-Pointed

 Siamese Tabby Pointed

Kucing ini merupakan salah satu jenis ras kucing siamese yang memiliki warna solid di seluruh bagian badannya kecuali bagian ekor dan beberapa titik di sekitar kepala dan lehernya. Di bagian tersebut terdapat warna tabby yang membedakan kucing ini dengan jenis siamese self pointed.

27. Siamese Tortie-Pointed

Siamese Tortie Pointed

Salah satu jenis ras kucing siam ini memiliki penampilan yang hampir sama dengan kucing siam yang lain. Perbedaannya hanyalah pada pada ekor dan kepalanya saja yang memiliki warna tortie. Kucing ini mulai diakui sebagai salah satu bagian kucing siamese pada tahun 1960an di UK.

28. Colorpoint Shorthair

Color Point Short hair

Salah satu jenis ras kucing yang sangat cantik ini dikembangbiakkan sekitar tahun 1940 s/d 1950 an dengan menyilangkan kucing siamese dengan American Shorthair. Ras Kucing ini sangat sulit dibedakan dengan kucing siamese jika kita lihat secara langsung. Namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya yaitu colorpoint shorthair memiliki badan yang lebih memanjang dan langsing, telinga yang lebih lebar, serta mata biru yang menawan. Kucing ini cukup pintar, senang bersosial, cukup berisik, dan ingin mendapatkan kasih sayang yang lebih dari pemiliknya. Kucing ini tidak cocok jika ditinggalkan di rumah dalam jangka waktu yang lama.

29. Seychellois

Seychellois

Seychellois merupakan jenis ras kucing yang tidak terlalu di kenal oleh dunia. Kucing ini pertama kali di biakkan di UK, tepatnya di sekitar Seychelles. Mereka dibiakkan dengan cara mengawinkan kucing Siamese dengan persian calico.

Berdasarkan beberapa variasi warnanya, kucing ini diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu neuvieme, septieme, dan huitieme. Kucing ini sangat membutuhkan kasih sayang yang lebih dari pemiliknya dan senang berteman dengan kucing lain.

30. Snowshoe

Snowshoe

Snowshoe pertama kali dikembangbiakkan oleh seorang breeder asal Philadelphia bernama Dorothy Hinds-Daugherty. Dia menghasilkan snowshoe dengan menyilangkan kucing siamese dengan American Shorthair. Kucing ini memiliki karakter yang pintar, resposive, dan senang berada dengan keluarga pemiliknya. Dengan sifat yang cukup tenang, kucing ini sangat cocok untuk orang yang baru pertama kali memelihara kucing.

31. American Shorthair

American Shorthair

American Shorthair merupakan ras kucing domestik US yang pertama kali dikenal. Kucing ini diperkirakan singgah di US sekitar abad ke 16 dan seiring berjalannya waktu, kucing ini terus menyebar ke seluruh daerah di Amerika. Di sana, kebanyakan dari American Shorthair lebih cocok untuk dijadikan penangkap tikus dibandingkan hanya sebagai kucing peliharaan saja. Kucing ini memliki berbagai variasi warna yang berbeda, namun dengan bentuk tubuh yang sama. Mereka cukup tahan terhadap berbagai penyakit dan cocok dengan berbagai tipe rumah untuk mereka tinggali.

32. European Shorthair

 European Shorthair

Kucing ini sangat popular di daerah Scandinavia dan pertama kali dikembangbiakkan di Swedia dengan menyilangkan beberapa kucing domestik disana yang telah diseleksi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh para breeder. Tidak seperti jenis ras kucing dengan tipe yang sama, misalnya British shorthair, ras kucing yang satu ini jarang dikawinkan/disilangkan dengan berbagai kucing lain karena sulit melakukannya. Sekilas kucing ini terlihat seperti kucing rumahan saja, namun pada kenyataannya kucing ini juga cocok berada di luar rumah. European shorthair cukup senang bersosial namun akan menghindar jika ada orang yang tidak dikenalnya.

33. Chartreux

 Chartreux

Kucing asal perancis ini dikenal sebagai salah satu jenis ras kucing tertua di sana. Mereka diperkirakan dinamai Chartreux sekitar pertengahan abad ke 18. Chartreux sering dikaitkan dengan berbagai legenda tentang rahib atau biarawan Carthusian (Biarawan atau biarawati dari dari sebuah organisasi yang didirikan St. Bruno tahun 1084) yang pertama kali membuat salah satu merek minuman keras terkenal di Perancis, yaitu Chartreuse. Kucing biru yang satu ini memiliki karakter yang cukup tenang, tidak manja, dan tidak berisik.

34. Russian Blue

Russian Blue

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak asal dari kucing yang satu ini. Russian blue merupakan salah satu jenis ras kucing asal Rusia tepatnya di sekitar pelabuhan Archangel yang berada tepat dibawah Arctic Circle. Russian blue mulai terkenal di UK sekitar akhir abad ke 19 dan mulai terkenal di Amerika utara sekitar tahun 2000an. Dengan serba kebiru-biruannya itu, tidak mengherankan jika Russian Blue sangat popular saat ini. Sifat kucing ini cukup penyayang membuat para pemilik kucing ini selalu nyaman berada di dekatnya. Saat ini telah dikembangkan variasi warna yang lain dari kucing ini. Mereka diberi nama Russian Shorthair.

35. British Shorthair-Solid

British Shorthair Solid

British Shorthair berwarna solid ini merupakan salah satu jenis ras kucing pedigree asal Inggris yang tampil di kontes kucing pada akhir abad ke 19. Kepopularannya sempat meredup akibat jenis jenis ras kucing longhair, khususnya Persia. Namun mereka mulai popular lagi di pertengahan abad ke 20. British shorthair memiliki badan dan kaki yang kokoh serta wajah dan mata yang bulat. Kucing ini memiliki karakter yang cukup tenang, friendly, dan tidak terlalu menuntut pemiliknya untuk memberikan perhatian yang lebih. Kebanyakan dari mereka tidak terlalu senang melakukan aktivitas yang terlalu menguras banyak energi. Mereka lebih senang tiduran di sofa. Salah satu ras kucing termahal juga dikenal memiliki tingkat kekebalan tubuh yang cukup baik terhadap berbagai penyakit serta perawatannya tidak terlalu sulit.

36. British Shorthair-Colorpointed

British Shorthair Colored Pointed

Cukup sulit menemukan kata yg cocok untuk mendeskripsikan colorpointed dalam bahasa Indonesia. Namun pada intinya kucing colorpointed adalah kucing yg memiliki warna berbeda di beberapa tempat di tubuhnya, khususnya ekor dan wajah.

Salah satu jenis british shorthair ini pertama kali dikenal pada tahun 1991. Mereka dibiakkan dengan mengawinkan british shorthair-Solid dengan Siamese.

37. British shorthair Bicolor

British Bicolor Shorthair

British shorthair bicolor pertama kali dikenal sekitar awal abad ke 19. Bicolor pertama yang dibuat oleh para breeder adalah berwarna putih dan hitam saja. Mereka mulai dikembangkan menjadi berbagai variasi warna yang bisa kita lihat saat ini (termasuk dalam gambar dibawah) sekitar tahun 1960an. Sifat kucing ini tidak jauh berbeda dengan british shorthair yang lain.

38. British Shorthair-Smoke

 British Shorthair Smoke

Meskipun dalam gambar di bawah tidak terlalu terlihat warna smoke dari kucing ini. Namun pada intinya warna smoke adalah warna abu-abu kehitam-hitaman atau mirip seperti warna rokok.

39. British Shorthair-Tabby

 British Shorthair Tabby

Kucing ini merupakan kucing jenis British shorthair pertama yang muncul di Cat shows sekitar tahun 1870 an. Warna bulu yang dihiasi tabby pada badan mereka memiliki berbagai variasi warna. Setidaknya ada 3 tipe tabby yang diketahui, yaitu: Classic, Mackarel, dan Spotted Tabby. Masing-masing dari tipe tersebut memiliki pola yang berbeda.

40. British shorthair-Tipped

British Shorthair Tipped

Salah satu jenis ras kucing dari British shorthair ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis yang lain. Mereka memiliki bulu tipped atau dalam satu helai bulu terdapat lebih dari satu jenis warna. Misalnya dalam gambar ini, kucing tersebut memiliki bulu berwarna putih di bagian dalam dan berwarna silver di bagian luar. Biasanya warna dari bulu bagian luar lebih pendek dibandingkan bagian dalam. Kira-kira 1/8 kali panjang bulunya. Selain itu ada berbagai kombinasi warna lain dari kucing ini, yaitu silver dengan black tipping, golden dengan black tipping, dan cameo dengan red tipping.

41. British shorthair-Tortie

British Shorthair Tortie

Ada berbagai macam variasi warna dari british shorthair tipe tortie, diantaranya adalah warna hitam dengan warna merah/orange, dan juga warna hitam bercampur dengan warna biru-cream atau merah-cream. jika sebagian bulu berwarna putih dan sebagian lagi berwarna tortie, biasanya disebut dengan Calico. Karena faktor genetic, british shorthair-tortie ini kebanyakan berjenis kelamin betina. Adapun sebagian kecil tortie yang berjenis kelamin jantan biasanya sudah steril.

42. Turkish Shorthair

Turkish Shorthair

Turkish Shorthair merupakan jenis ras kucing asal turki yang biasa disebut the Anatolian (sebuah wilayah Turki yang terletak di Asia barat daya). Kucing ini hampir mirip dengan Turkish van, dan cukup sulit untuk dibedakan satu sama lainnya. The Anatolian cukup sulit ditemukan meskipun di daerah asalnya. Namun saat ini banyak breeder, khusus dari Jerman dan Belanda berusaha memperbanyak populasi dari kucing ini. Turkish Shorthair sangat senang bermain dengan air ataupun dimandikan.

43. Ojos Azules

 ras Ozos Azules

Ojos Azules atau yang dalam bahasa spanyol artinya bermata biru, merupakan jenis ras kucing yang pertama kali ditemukan di daerah New Mexico pada tahun 1980. Mereka dikenal sebagai kucing terlangka di dunia dengan keberadaannya yang sangat sedikit.

Para breeder di dunia sulit untuk mengembangbiakkan Ozos Azules, berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan yang sering menimpa mereka seperti kelainan pada bentuk tulang tubuh mereka. Meskipun sedikit, banyak orang yang menganggap bahwa kucing ini memiliki karakter yang penyayang dan juga friendly.

Baca juga: 5 jenis penyakit paling berbahaya bagi kucing

44. Egyptian Mau

Egyptian Mau

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak asal dari kucing ini. Ya, mereka beraal dari Mesir. Egyptian Mau ini banyak ditemukan di lukisan-lukisan yang terdapat pada makam-makam fir’aun pada jaman mesir kuno. Namun Egyptian Mau versi baru yang dapat kita lihat saat ini merupakan kucing yang pertama kali dibiakkan oleh seorang breeder asal Rusia bernama Natalie Troubetzkoy sekitar tahun 1950an. Egyptian mau memiliki badan yang panjang dengan spot/tabby pada bulunya. Mereka dikenal sebagai kucing penyayang, namun kadang juga bisa sensitive dan malu.

45. Arabian Mau

Peliharaan Arabian Mau

Kucing asli asal Jazirah Arab ini merupakan penghuni padang pasir yang sekarang kebanyakan bermigrasi ke daerah pemikiman manusia. Mereka bermigrasi karena habitatnya yang terganggu oleh manusia. Saat ini para breeder sedang berusaha untuk meningkatkan populasi mereka dengan tujuan untuk melestarikan sifat asli si kucing. Arabian Mau dikenal sebagai kucing yang enerjik dan tidak suka bermalas-malasan. Mereka juga cukup penyayang dan simpatik terhadap pemiliknya.

46. Abyssinian

Jenis Kucing Abyssinian

Terdapat berbagai perbedaan pendapat terkait dengan sejarah kucing yang satu ini. Seperti Egyptian Mau, kucing ini juga sering dikaitkan dengan mitologi Mesir kuno. Saat ini Abyssinian merupakan kucing yang banyak dikembangbiakkan di UK. Ada pendapat yang mengatakan bahwa si Aby dibawa oleh seorang tentara inggris ketika perang di Abyssinia (sekarang Ethiopia) berakhir sekitar tahun 1960an. Abyssinian memiliki sifat yang sangat aktif dan atletis. Mereka dikenal sebagai salah satu jenis ras kucing terpintar di dunia. Aby juga dikenal penyayang terhadap pemiliknya.

47. Australian Mist

 Australian Mist

Kucing pedigree yang pertama kali dibiakkan di Australia ini merupakan kucing hasil perkawinan antara Burmese, Abyssinian, dan kucing domestik asal Australia. Kucing ini memiliki bulu berwarna seperti mist atau kabut dengan tambahan variasi tabby atau spot. Australian Mist sangat terkenal di daerah asalnya karena sifatnya yang tenang, senang di dalam rumah, dan cocok untuk teman main anak-anak. Mereka sangat cocok untuk owner yang kurang senang dengan kucing yang aktif.

48. Ceylon

Ceylon

Ceylon merupakan kucing asal Sri Langka yang sekarang sangat popular di Italy. Mereka dikirim ke Italia sekitar tahun 1980an dan dibiakkan di sana. Kucing ini memiliki penampilan yang mirip dengan Abyssinian meskipun keduanya tidak memiliki hubungan yang kuat. Di bagian dahi Ceylon terdapat pola yang menyerupai ular kobra dan sering disbut sebagai Cobra mark. Kucing ini juga memiliki sifat yang ramah dan responsif terhadap perhatian dari pemiliknya.

49. Ocicat

Ocicat

Kucing yang satu ini sering disebut sebagai kucing hasil persilangan antara Ocelot (kucing hutan asal Amerika latin dan Amerika tengah) dengan kucing domestik. Namun semua pendapat itu tidak benar karena kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing Siamese dengan Abyssinian. Mereka mulai dibiakkan sekitar tahun 1960an. Ocicat memiliki sifat yang menyenangkan, senang berteman, dan mudah untuk diatur.

50. Ocicat Classic

Ocicat Classic

Ocicat Classic merupakan Ocicat versi classic yang memiliki tabby di badannya meskipun banyak breeder dan asosiasi kucing internasional belum menerimanya sebagai jenis ras kucing yang berbeda dengan Ocicat. Ocicat Classic merupakan hasil persilangan antara Ocicat dengan Siamese, Abyssinian, dan American Shorthair. Kucing ini sangat senang bermain dan memiliki sifat yang tenang, senang berteman, dan senang dengan suasana rumah yang benyak penghuninya. Mereka tidak suka jika dibiarkan sendiri tanpa teman dalam waktu yang lama.

51. Sokoke

Sokoke

Sokoke merupakan kucing asli asal hutan Arabuko Sokoke di Kenya. Mereka pertama kali ditemukan sekitar tahun1970an oleh seorang warga inggris yang tinggal di Kenya. Dia mengadopsi 2 ekor kitten dengan pola warna yang berbeda dan menggunakannya sebagai bahan untuk melakukan breeding. Mereka termasuk kucing yang sangat pintar dan sangat senang bersama dengan keluarganya. Mereka pandai untuk dilatih berkomunikasi dan senang bermain dengan pemiliknya.

52. California Spangled

Jenis-Jenis Kuing California Spangled

California spangled merupakan miniatur dari kucing-kucing hutan seperti Leopard dan Ocelot. Kucing ini pertama kali dibiakkan oleh seorang breeder bernama Paul Casey. California spangled dibiakkan dengan menyilangkan berbagai macam kucing domestik tanpa melibatkan kucing hutan.

Alasan dibiakkannya kucing ini adalah agar orang-orang yang tertarik dengan kucing liar tetap bisa menyalurkan kegemarannya lewat California Spangled. Kucing ini sangat aktif dan menikmati permainan-permainan dari pemiliknya. Selain itu, mereka juga penyayang dan mudah diatur.

53. Toyger

ras di dunia Toyger

Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan sekitar tahun 1990an dengan menyilangkan kucing bengal dengan ras kucing shorthair lain yang tidak diketahui. Toyger memiliki pola pada mantelnya menyerupai seekor harimau. Kucing ini juga sering disebut “Toy Tiger” atau miniatur harimau yang keberadaannya sudah sangat sedikit. Toyger sangatlah aktif dan juga atletis. Meskipun begitu mereka juga memiliki sifat yang tenang, dan mudah diatur ketika diajak jalan-jalan oleh pemiliknya.

54. Bengal

sifat ras  kucing Bengal

Pada tahun 1970an, seorang scientist mengawinkan seekor Asian Lopard (Kucing kuwuk) kecil dengan seekor kucing domestik dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas kucing domestik terhadap penyakit leukimia. Namun pada saat itu percobaan yang dilakukan gagal. Setelah itu, beberapa breeder dari Amerika mencoba untuk melakukannya kembali dengan menyeleksi beberapa kucing dan percobaan pun berhasil. Mereka menyilangkan beberapa kucing pedigree seperti Abyssinian, Bombay, British shorthair, dan Egyptian Mau dan dihasilkanlah bengal yang sekarang.

Bengal diakui sebagai salah satu jenis ras kucing ras oleh asosiasi internasional pada tahun 1980an. Karena buyutnya merupakan kucing hutan, bengal memiliki sifat yang sangat aktif dan membutuhkan waktu lebih dari pemiliknya untuk diajak bermain. Jika tidak, maka bengal akan sangat destruktif ketika dia ditinggalkan di rumah sendirian.

55. Kanaani

ras kucing termahal Kanaani

Kucing yang satu ini sangat mirip dengan African Wildcat dan keberadaannya cukup jarang ditemukan pada saat itu. Namun pada tahun 2010 program untuk menyilangkan beberapa kucing seperti Bengal dan Oriental shorthair dengan African Wildcat diberikan izin oleh oleh organisasi kucing internasional. Kanaani memiliki badan yang memanjang dengan kaki yang tinggi, serta leher yang juga panjang. Kucing ini memiliki sifat cukup penyayang. Disisi lain dia juga memiliki keahlian berburu sangat baik yang diwariskan oleh leluhurnya.

56. Savannah

ras kucing termahal Savannah

Salah satu jenis ras kucing termuda ini secara resmi diakui sebagai salah satu jenis kucing pada tahun 2012. Savannah merupakan kucing hasil persilangan antara Serval (Kucing hutan asal Afrika) dengan kucing domestik. Kucing ini memiliki penampilan yang mirip kucing serval seperti spot cantik yang dimilikinya. Savannah biasanya dibagi menjadi beberapa jenis filial/keturunan, yaitu F1, F2, F3 s/d F6. Semakin kecil nilai filial tersebut maka tingkat kemiripan dengan serval pun akan semakin tinggi.

Kucing ini juga disebut sebagai salah satu ras kucing termahal di dunia. Harganya bervariasi antara puluhan sampai ratusan juta tergantung dari kondisi fisik dan nilai filial si kucing. Sama seperti bengal, Savannah memiliki sifat buyutnya yaitu sangat aktif dan energik. Mereka tidak cocok untuk orang yang baru pertama memelihara kucing. Jika mereka tidak diawasi sedikit saja, maka barang-barang di rumah akan habis dihancurkannya.

57. Serengeti

Serengeti

Para breeder membiakkan kucing ini dengan tujuan untuk menyerupai kucing serval (bapak dari Savannah). Serengeti pertama kali dibiakkan pada pertengahan tahun 1990an di California dengan menyilangkan Bengal dan oriental shorthair. Kucing ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan kucing bengal, yaitu telinganya yang lebar dan memanjang. Serengeti sangat senang memanjat dan mengeksplorasi tempat-tempat yang tinggi. Kucing ini juga membutuhkan waktu untuk bermain bersama pemiliknya.

58. Chausie

Chausie

Pertama kali Chausie dibiakkan adalah dengan menyilangkan jungle cat dengan beberapa kucing domestik. Mereka pertama kali dibiakkan sekitar tahun 1990an. Namun karena keberadaan jungle cat saat ini sudah sedikit, maka untuk mengembangkan Chausie dipilihlah Abyssinian dan beberapa kucing lainnya sebagai indukan. Kucing ini juga sangat aktif dan pintar. Chausie membutuhkan pemilik yang berpengalaman untuk mengajaknya bermain.

59. Munchkin

Munchkin

Munchkin pertama kali dikembangbiakkan di Louisiana (sebuah negara bagian Amerika Serikat). Meskipun saat ini Munchkin sudah sangat populer di kalangan para pecinta kucing, namun masih banyak organisasi internasional yang belum mengakuinya. Kakinya yang pendek berasal dari mutasi genetik yang terjadi secara alami. Namun jangan salah, pendeknya kaki munchkin tidak membuat dia menjadi lambat. Bahkan kucing ini sangatlah aktif dan pandai memanjat meskipun mereka tidak bisa melompat setinggi kucing-kucing normal lainnya. Munchkin juga banyak digunakan untuk menghasilkan macam macam kucing yang baru seperti Kinkalow, Skookum, Lambkin Dwarf, dan Minskin/Bambino.

60. Kinkalow

Kinkalow

Kucing cantik yang satu ini pertama kali dibiakkan sekitar tahun 1990an dengan mengawinkan Munchkin dengan American Curl. Kinkalow memadukan sifat fisik dari kedua jenis ras kucing tersebut, yaitu kakinya yang pendek dan telinganya yang unik mirip seperti American Curl. Program pengembangan kinkalow masih baru dan berlanjut sampai sekarang. Sampai saat ini, masih belum ditemukan masalah kesehatan spesifik karena mutasi yang terjadi pada kakinya tersebut.

61. Skookum

Skookum

Kucing ini dihasilkan dari persilangan antara Munchkin dengan Laperm. Kakinya yang pendek diwariskan oleh munchkin, dan bulunya yang kriting dan halus diwariskan oleh Laperm. Bulunya yang kriting tersebut kadang membuatnya susah untuk digrooming. Skookum mulai dikembangkan di beberapa negara seperti US, UK, Australia, dan NewZealand. Namun keberadaannya masih sangat jarang sampai saat ini. Meskipun kakinya pendek, tidak membuat skookum lemah. Mereka sangat aktif, suka melompat, dan juga pandai memanjat.

62. Lambkin Dwarf

Lambkin Dwarf

Lambkin Dwarf merupakan kucing hasil persilngan antara Munchkin dan Selkirk Rex. Mereka juga kadang disebut nanus (kurcaci) Rex. Keberadaan kucing ini masih sangat jarang ditemukan karena proses breeding yang sangat sulit untuk dilakukan. Kucing ini memiliki sifat seperti Munchkin dan anak-anaknya.

63. Bambino

 Kucing Bambino

Bambino merupakan salah satu jenis ras kucing yang masih baru. Mereka dibiakkan sekitar awal tahun 2000 an dengan menyilangkan Munchkin dengan kucing botak sphynx. Bambino memiliki kaki yang pendek dipadukan dengan lipatan-lipatan kulit seksi di tubuhnya. Meskipun demikian, bambino tetaplah kucing yang sangat aktif seperti munchkin. Selain itu, bambino termasuk kedalam jenis ras kucing termahal karena sangat sulit untuk membiakkannya.

Mereka senang memanjat, melompat, dan bermain dengan pemiliknya. Namun karena mereka botak, kulitnya akan sangat sensitif jika terkena radiasi matahari secara langsung. Oleh karena itu, Bambino harus tetap dijaga tetap berada di dalam rumah. Selain itu, grooming secara teratur juga diperlukan untuk menjaga kuliatnya tetap lembab.

64. Scottish Fold

 Kucing Peliharaan Scottish Fold

Sama halnya seperti Munchkin, Scottish Fold memiliki keunikan pada telinganya yang disebabkan oleh mutasi genetik alami yang terjadi. Scottish fold yang pertama kali dikenal bernama Susie-seekor kucing dengan bulu longhair dan putih solid yang lahir di daerah Scottish (Skotlandia) Farm sekitar tahun 1960an.

Pada awalnya Susie hanya menarik perhatian warga lokal di Skotlandia saja, namun seiring berjalannya waktu, Susie mulai di kenal di beberapa negara. Akhirnya Susie pun dikirim ke US untuk dilakukan percobaan menyilangkan Susie dengan jenis ras yang lain. Kucing ras yang digunakan antara lain adalah British dan American Shorthair. Dibalik wajahnya yang imut tersebut, kucing ini juga dikenal sebagai kucing yang ramah, penyayang, dan cocok untuk berbagai jenis keluarga manusia.

65. Highlander

Highlander

Highlander termasuk macam kucing ras baru yang memiliki versi longhairnya. Kucing ini juga terbilang masih berlum popular di kalangan cat lovers. Meskipun begitu, highlander memiliki sifat yang tenang dan senang berteman dengan kucing atau hewan lain. Mereka senang bermain dan mudah untuk dilatih.

66. American Curl

American Curl

American Curl yang pertama kali ditemukan memiliki jenis bulu longhair di California, US sekitar tahun 1980an. Telinganya yang unyu atau sering disebut Curl tersebut merupakan hasil mutasi genetik alami yang terjadi. American Curl dikenal memiliki sifat yang lembut dan penyayang, sehingga membuat pemiliknya selalu betah berada di dekatnya. 

67. Japanese Bobtail

Japanese Bobtail

Japanese Bobtail sering disebut sebagai pembawa keberuntungan oleh orang-orang jepang. Mereka merupakan kucing asli asal jepang yang sering dijadikan model gambar pada produk-produk keramik di sana. Japanese Bobtail pertama kali dibawa ke Amerika sekitar tahun1960an oleh seorang breeder dan mulai mengembangkan kucing ini di sana. Japanese bobtail dikenal sebagai kucing yang pintar. Mereka kadang berisik dan ingin menunjukan kepada pemiliknya bahwa mereka pandai bernyanyi.

68. Kurilian Bobtail

Kurilian Bobtail

Kurilian Bobtail merupakan kucing yang berasal dari Kuril Island (kepulauan yang terletak di Oblast Sakhalin, Rusia). Kucing ini mulai terkenal di Rusia sekitar awal abad ke 20. Ekornya yang unik merupakan hasil dari mutasi genetik. Meskipun dalam satu jenis, kucing-kucing Kurilian Bobtail memilki bentuk ekor yang berbeda-beda, ada yang memiliki ekor melintir seperti per, ada juga yang hanya bengkok dalam satu arah. Selain itu, kucing ini juga dikenal cukup tenang, mudah berteman, dan penangkap tikus yang andal.

69. Mekong Bobtail

mekong bobtail

Nama dari kucing ini diberikan karena mereka ditemukan pertama kali di sekitar daerah sungai mekong yang mengalir sepanjang China, Laos, Cambodia, dan Vietnam. Kemudian kucing ini mulai menyebar ke seluruh penjuru Asia Tenggara.

Mekong bobtail mulai dikembangkan di Rusia dan mendapatkan pengakuan dari organisasi kucing internasional pada tahun 2004. Meskipun tidak terlalu popular, kucing ini memiliki daya tariknya tersendiri dengan mata biru dan color point yang terdapat pada bulunya. Kucing ini pandai melompat, memanjat, dan memiliki sifat yang ramah.

70. American Bobtail

KAmerican BobtailKucing asli asal Amerika ini mulai dikenal disana sekitar pertengahan abad ke 20. Terdapat juga versi longhair dari kucing ini dan keduanya sama-sama memiliki ekor yang pendek. Kucing ini memiliki daging yang tebal dan kerangka yang kokoh. Mereka sangat pintar, waspada, dan sangat aktif. Mereka juga senang menjadi bagian dari keluarga manusia dan cocok dengan berbagai tipe rumah untuk mereka tinggali.

71. Manx

Manx

Beberapa breeder berpendapat tentang asal-usul dan alasan dari hilangnya ekor kucing ini. Beberapa berpendapat bahwa Manx kehilangan ekornya ketika terjadi kecelakaan di kapal yang dibuat oleh nabi Nuh. Pada kenyataannya ekor tersebut merupakan mutasi genetik alami yang dialami oleh si kucing. Manx merupakan kucing asli dari daerah laut irish yang terletak di Isle of Man (sebuah pulau di Britania raya). Kucing ini juga dikenal pintar dan memiliki sifat yang tenang.

72. Pixie Bob

 pixie bob

Kucing ini mirip dengan kucing gunung bobcat yang mendasari dinamainya kucing ini. Kucing ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan kucing lain yaitu jumlah jari atau cakarnya yang lebih banyak (Polydactyl). Baik versi longhair maupun shorthairnya, kucing ini memeliki bulu dengan spot/tutul yang membuat dia sangat mirip dengan bobcat. Namun dibalik penampilannya tersebut, Pixie bob dikenal memiliki karakter penyayang, melekat di pemiliknya, senang bermain dengan anak-anak, dan berteman dengan kucing atau hewan lain.

73. American Ringtail

American Ringtail

Kucing ini memiliki ekor yang melingkar ke sisi kanan atau kiri tubuhnya. Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan di California. Meskipun jumlahnya masih sedikit, American Ringtail cukup menarik perhatian beberapa breeder. Seiring berjalannya waktu, juga mulai dikembangkan versi longhair dari kucing ini. American Rinngtail memiliki sifat suka bermain, memanjat, penasaran, dan kadang berisik.

74. Sphynx

Sphynx

Kucing yang hampri bisa kita temui di seluruh penjuru dunia ini merupakan kucing asli dari Canada. Mereka dinamai Sphynx karena dianggap mempunyai kemiripan dengan Mythical Sphinx (seekor monster di mitologi Mesir kuno). Namun demikian, pada kenyataanya kebotakan yang terjadi pada kucing ini adalah murni karena mutasi genetik yang terjadi pada beberapa kucing yang ditemukan di perkebunan Ontario pada tahun 1966. Dengan ditemukannya kucing-kucing tersebut, mulailah dilakukan penelitian terhada kucing-kucing tersebut untuk menghasilkan Sphynx yang sekarang kita temui.

Sphynx juga sering digunakan untuk menghasilkan jenis ras yang lain seperti Bambino. Mereka dikenal senang berteman dan juga cukup tenang. Masalah yang sering dihadapi kucing ini adalah kulitnya yang sangat sensitif terhadap sinar matahari langsung dan juga temperatur yang ekstrim sehingga harus tetap berada di dalam rumah.

75. Donskoy

Donskoy

Pertama kali kucing ini ditemukan adalah dari seekor anak kucing sakit yang diselamatkan di sekitar jalan di kota Rostov on Don, Rusia. Kucing tersebut mengalami mutasi pada kulitnya yang membuatnya menjadi botak. Uniknya, ketika musim dingin akan muncul bulu-bulu kecil di sekitar tubuhnya. Karena banyaknya keriput dan telinganya yang lebar, membuat dia tidak terlalu menarik perhatian cat lovers di seluruh dunia.

76. Peterbald

peterbald

Peterbald merupakan salah satu macam kucing yang berasal dari Rusia. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara Donskoy dengan Oriental Shorthair. Peterbald kitten biasanya akan memiliki bulu, namun seiring berjalannya waktu, bulu-bulunya tersebut akan rontok hingga mereka tidak memiliki bulu saat dewasa. Peterbald dikenal memiliki sifat yang tenang dan cocok untuk berbagai jenis keluarga. Sama seperti kucing botak lainnya, kucing ini sangat sensitif terhadap sinar matahari dan perubahan temperatur ekstrim.

77. Ural Rex

 Ural Rex

Pertama kali kucing ini ditemukan adalah di sekitar kota Yekaterinburg, Rusia. Kucing ini dikembangkan lebih dari 3 dekade dan memiliki penggemarnya tersendiri di Rusia. Dengan bulunya yang kriting tersebut, membuat Ural Rex susah untuk digrooming. Mereka termasuk kucing yang tenang dan cocok untuk berbagai kondisi rumah.

78. Laperm

Laperm

Laperm merupakan salah satu macam kucing yang berasal dari Oregon (Salah satu negara bagian Amerika Serikat). Mereka memiliki bulu kriting dan bergelombang yang membuatnya kadang sulit untuk digrooming. Dibalik penampilannya tersebut, Laperm merupakan kucing yang cocok untuk berbagai tipe rumah. Namun mereka membutuhkan teman jika ditinggalkan di rumah terlalu lama. Pemilihan shampo yang tepat juga diperlukan untuk menjaga bulu halusnya tetap terlihat cantik.

79. Selkirk Rex

Selkirk Rex

Nama kucing ini diambil dari nama gunung yang terletak di Montana, US, yaitu Pegunungan Selkirk. Mereka pertama kali dikembangbiakkan sekitar tahun 1980an. Pada awalnya kucing ini ditemukan di sebuah penampungan kucing, dimana muncul kitten yang memiliki bulu berbeda dengan yang lain. Kemudian kucing tersebut dijadikan sebagai bahan percobaan untuk mengembangkan jenis ras kucing ini. Sama seperti kucing kriting yang lain, Selkirk Rex membutuhkan perhatian khusus dalam melakukan grooming. Kucing ini memiliki sifat yang tenang, senang bermain, dan juga menikmati permainan bersama pemiliknya.

80. Cornish Rex

 Cornish rex

Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan di sekitar daerah Cornish, UK. Kucing dengan bulu kriting disana kemudian disilangkan dengan berbagai macam kucing ras lain seperti Siamese, Russian Blue, American shorthair, dan british shorthair untuk meningkatkan stamina serta menambah variasi warna kucing tersebut. Karena bulunya yang cukup tipis, membuat kucing ini sensitif terhadap perubahan temperatur yang ekstrim. Kucing ini juga dikembangkan di US dengan cara yang berbeda.

81. Devon Rex

Devon Rex

Devon Rex pertama kali dikembangbiakkan di daerah Buckfastleigh, Devon ,UK. Kucing ini dilahirkan dari persilangan antara Cornish Rex dengan kucing berbulu kriting lain yang tidak diketahui. Kucing ini memiliki bulu yang halus dan cukup pendek. Dengan bulunya tersebut, kucing ini akan merasa hangat ketika mereka dipegang oleh pemiliknya. Kucing ini termasuk kucing yang aktif dan tidak cocok untuk orang yang tidak berada di rumah seharian.

82. German Rex

Jenis kucing ras German Rex

German Rex merupakan kucing yang berasal dari daerah Berlin, Jerman. Untuk keperluan pengembangan, kemudian kucing ini mulai di kirim ke berbagai negara di Eropa dan juga US. Mutasi yang terjadi pada kucing ini sama halnya dengan mutasi yang terjadi pada Cornish Rex. Kucing ini dikenal memiliki sifat yang ramah, senang bermain, dan senang berada di pangkuan pemiliknya. Selain itu karena bulunya yang cukup pendek, mengharuskan pemiliknya untuk melakukan regular bathing terhadap kucing ini.

83. American Wirehair

American Wire hair

Pada tahun 1966, lahir beberapa kitten dari seekor kucing domestik di New York. Salah satu dari kucing-kucing tersebut terlihat memiliki bulu yang berbeda dengan yang lain. Kucing tersebut kemudian menjadi cikal bakal dikembangkannya kucing ini. Seiring berjalannya waktu, kemudian kucing tersebut dijadikan sebagai bahan percobaan dengan menyilangkannya terhadap kucing-kucing ras lain seperti American Shorthair. Kucing ini memiliki tekstur bulu yang lembut. Bulunya lurus di bagian dalam dan melilit di bagian luar. Kadang-kadang untuk beberapa kucing, bulu pada tubuhnya sering rontok sehingga pemiliknya harus melakukan grooming secara halus.

Itulah sedikit penjelasan mengenaimacam-macam kucing Peliharaan yang ada di dunia. semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan para pembaca sekalian sekaligus juga dapat menghibur.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *