7 Cerita Rakyat Tentang Kucing Yang Ada Di Dunia

1. Bakeneko

bakeneko

Bakeneko merupakan salah satu cerita rakyat yang berasal dari jepang yang menceritakan tentang kucing-kucing yang memiliki kekuatan mistik dan supranatural.

Bakeneko (化け猫) terdiri dari dua kata dalam tulisan kanji yaitu “Bake” (化け)yang berarti transformasi/berubah dan “Neko” (猫) artinya kucing. Bakeneko sendiri digambarkan sebagai kucing yang bisa berubah/bertransformasi kedalam bentuk-bentuk yang lain seperti menyerupai bentuk tubuh manusia dengan kepala kucing.

Berdasarkan kemampuannya, dalam mitologi Jepang Bakeneko diklasifikasikan kedalam yokai (hantu) yang dapat berubah bentuk atau biasa disebut “henge” (化). Terdapat berbagai jenis bakeneko yang mana masing-masing memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh jenis yang lain. Setiap jenis bakeneko memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Ada yang memiliki sifat jahat dan ada pula yang tidak jahat. Salah satu contoh jenis bakeneko yang terkenal jahat adalah nekomata.

Beberapa bakeneko ada yang tetap mempertahankan bentuk tubuhnya menyerupai seekor kucing yang normal namun dapat berbicara dan juga mengenakan pakaian layaknya manusia.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Cewek Pecinta Kucing Wajib Dijadikan Pasangan Hidup

2. Nekomata

neko_mata_by_donnaquinn-d4axhdn

Nekomata merupakan salah satu jenis khusus dari bakeneko . nekomata digambarkan sebagai kucing yang memiliki dua ekor panjang di dalam tubuhnya. Sama halnya seperti bakeneko, nekomata juga dapat berubah bentuk menyerupai manusia dan juga dapat berbicara. Hanya saja perbedaan antara bakeneko dan nekomata adalah haya kucing yang ukurannya besar, tua, dan memiliki intelegensi tinggi saja yang dapat berubah menjadi nekomata.

Nekomata merupakan salah satu jenis bakeneko yang memiliki sifat yang jahat diantara jenis bakeneko yang lain. dia memandang manusia sebagai jenis makhluk hidup yang rendah dan sering membunuhnya. Selain itu dia juga sering membuat kebakaran dengan kemampuannya yang dapat menyemburkan bola api.

3. Kasha

fire_wheel

Dalam bahasa jepang Kasha (火車) Kereta Api. Atau dalam istilah lain juga bisa disebut sebagai hi no kuruma (火の車 ) yang artinya juga kereta api.

Dalam mitologi jepang sendiri kasha merupakan jenis hantu yang susah untuk didefinisikan. Banyak orang yang mendifinisikan kasha kedalam arti yang berbeda-beda. Selama beberapa abad gambaran tentang kasha terus berubah dari yang asalnya gerobak api yang di tarik oleh setan menjadi gerobak api yang ditarik oleh monster kucing pemakan mayat.

4. Narasimha

lakshmi-narasimha-photo
Narasimha (singa jantan) merupakan avatar (keturunan/jelmaan) dari dewa wisnu (Vishnu) yang disembah oleh penganut agama hindu Trimurti ( Trinity). Narasimha diyakini sebagai sosok yang datang untuk menyelamatkan dunia dari iblis yang jahat. Narasimha digambarkan sebagai seseorang dengan perawakan badan menyerupai manusia namun memiliki kepala seperti seekor singa.

Dalam mitologi agama hindu, Narasimha digambarkan sebagai sosok yang bertarung melawan Hiranyakashipu. Diceritakan pada zaman dahulu orang tua dari Hiranyakashipu sangatlah taat terhadap Brahma sehingga brahma memberikan hadiah berupa seorang anak yang kemudian diberi nama Hiranyakashipu yang diramalkan akan menjadi sosok yang sangat kuat.

Setelah mengambil simpati dewa Brahma diceritakan Hiranyakashipu diberikan kekuatan olehnya sehingga kebal terhadap tiga hal, yaitu: Dewa, Manusia, dan hewan. Karena kekuatannya tersebut Hiranyakashipu menjadi angkuh dan sombong sehingga menganggap dirinya sebagaii tuhan yang harus disembah dan melarang untuk menyembah dewa-dewa yang lain. kemudian muncullah sosok Narasimha yang berwujud setengah manusia dan setengah binatang. Karena dia bukan seutuhnya Manusia maupun binatang, maka Narasimha pun dapat mengalahkan Hiranyakashipu.

5. Chimera

chimera-from-greek-mythology

Chimera merupakan salah satu jenis monster dalam mitologi Yunani kuno yang digambarkan sebagai sesosok makhluk dengan badan dan kepala seperti seekor singa, ekor berbentuk ular, dan dipunggungnya terdapat kepala kambing yang dapat menyemburkan api. Meskipun ada yang menyebutkan bahwa Chimera memiliki sayap atau atau kedua kaki belakang chimera terbentuk dari ular, namun gambaran yang sering digunakan adalah yang sudah dijelaskan di atas.

Apapun gambaran dari Chimera, pada dasarnya Chimera merupakan anak dari dewa monster lain yaitu Typhon dan Echidna yang berarti Chimera merupakan saudara dari monster2 yang lain seperti Sphinx, Cerberus, dan Ladon.

Cerita paling terkenal dari Chimera dalam mitologi Yunani adalah ketika dia dikalahkan oleh seorang pahlawan Yunani Bellerophon bersama dengan kuda bersayapnya Pegasus membunuh Chimera dengan panahnya.

Diluar mitologi yang ada, istilah Chimera sering digunakan dalam penelitian ilmiah para ahli untuk menjelaskan binatang yang memiliki lebih dari satu kode genetika.

6. Bastet

bastet
Pada zaman dahulu bangsa mesir kuno sangatlah menjunjung tinggi dan menjadikan kucing sebagai hewan yang dikeramatkan. Hukuman yang diberikan atas pelanggaran terhadap pembunuhan kucing tidaklah main-main. Mereka menyembah dewi yang digambarkan sebagai makhluk yang berbentuk setengah wanita dengan kepala kucing. Dewi tersebut dipanggil sebagai Dewi Bastet.

Pusat penyembahan dewi bastet ini berada di mesir bagian utara yaitu daerah yag bernama Bubastis. Di daerah tersebut setiap tahun selalu diadakan festival untuk penghormatan terhadap dewi Bastet. Festival tersebut dikenal sebagai festival yang paling besar di mesir dimana pada zaman dahulu penulis terkenal asal Roma Heredotus pun sempat kesana. Terdapat juga cattery yang sangat besar dan selalu dirawat dengan baik oleh para pendeta kuil yang ada di sana.

Meskipun pada zaman sekarang penyembahan terhadap kucing sudah jarang dilakukan, namun masih banyak orang disana yang menyembah dan menjadikan kucing sebagai hewan yang dikeramatkan. Mereka percaya bahwa dewi Bastet masih ada dan melindungi serta merawat para kucing yang mereka pelihara.

7. Sekhmet

sekhmet_by_darknatasha-d84c8zp
Sekhmet merupakan salah satu dewi dalam mitologi masyarakat mesir kuno yang merupakan dewi perang dan kehancuran. Dia merupakan adik sekaligus istri dari Ptah (Dewa Pengrajin & Arsitek). Dalam Mitologi bangsa mesir, Sekhmet merupakan dewa yang diciptakan oleh Re (Ra) yang merupakan dewa matahari. Sekhmet diciptakan dengan tujuan untuk menghancurkan para lelaki yang melakukan kejahatan dan pembangkangan terhadap Re.

Sekhmet digambarkan sebagai seorang wanita dengan kepala menyerupai seekor singa dengan pelindung kepala seperti fir’aun. Nama Sekhmet berasal dari kata Sekhem yang berarti menjadi kuat, tangguh, dan kasar.

Sekhmet sering dikaitkan dengan dewi lain yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu Bastet. Jika Bastet dikenal sebagai dewi penguasa bagian timur, maka Sekhmet dikenal sebagai dewi penguasa bagian barat.

source:

1. https://hyakumonogatari.com/2012/06/03/bakeneko-the-changing-cat
2. http://yokai.com/nekomata/
3. http://www.catmuseumsf.org/egyptcats.html
4. http://www.gods-and-monsters.com/chimera-mythology.html
5. http://www.egyptianmyths.net/sekhmet.htm

You May Also Like

2 thoughts on “7 Cerita Rakyat Tentang Kucing Yang Ada Di Dunia

    1. karena saya suka kucing dan saya ingin membuat taman wisata kucing suatu saat nanti. oleh karena itu saya mulai dengan ngeblog..hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *