6 Tanda Kucing Yang Sehat

Tanda Kucing Yang Sehat – Sebagai pecinta kucing, kamu harus tahu keadaan kucing yang kamu pelihara. Apakah dalam keadaan sehat atau dalam keadaan sakit?. Kucing yang sehat ditandai dengan beberapa hal, yaitu memiliki fisik yang sesuai dengan kriteria sehat dan memiliki prilaku yang dapat dikatakan normal. Namun demikian, tentunya untuk dapat mengetahui kondisi si kucing, kamu harus terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri kucing yang sehat itu seperti apa sehingga jika terlihat ada masalah, kamu bisa langsung mengatasinya. Berikut ini merupakan ciri-ciri kucing yang sehat dan sakit.

1. Ekspresi wajah gembira dan selalu terjaga

Kucing yang sehat ditandai dengan ekspresi wajah yang terlihat gembira dan selalu terjaga. Wajah kucing yang gembira ditandai dengan mata si kucing yang terlihat berbinar dan tidak terlihat sayu. Selain itu, kucing yang sehat juga akan terjaga dengan selalu memerhatikan apa yang ada di sekitarnya sehingga dia akan tahu jika ada musuh atau hal-hal yang dapat membuatnya takut dan terkejut. Kamu mungkin pernah melihat kucingmu melompat secara tiba-tiba ketika ada barang-barang di rumahmu yang terjatuh atau benda tidak dikenal yang tiba-tiba ada di dekatnya. Sebaliknya, kucing yang sakit akan terlihat sedih dengan mata yang terlihat sayu dan telinga yang tidak tegak. Kucing yang sakit biasanya juga akan mengabaikan apa yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: 10 Jenis Kucing Ras Yang Sangat Menyukai Air

2. Aktif bermain, berlari, dan melompat secara bebas

Ciri kucing sehat yang lain adalah dia akan selalu ingin bermain dan berlarian kesana kemari. Dia akan mengambil barang-barang yang menarik perhatiannya untuk dijadikan alat mainnya. Selain itu, kucing yang sehat akan selalu bermain dengan teman atau saudaranya dengan saling menggigit atau mencakar satu sama lain. Sebaliknya, kucing yang sakit biasanya akan lebih memilih untuk diam dan tidur seharian. Dia akan tetap diam meskipun teman atau saudaranya ingin mengajaknya bermain.

3. Ramah dan tenang ketika dekat dengan manusia

Kucing yang sehat biasanya akan tenang ketika dipegang atau diusap oleh manusia. Dia akan mendengkur ketika dipangku dan diusap oleh pemiliknya sebagai tanda bahwa ia sedang nyaman berada di dekat pemiliknya tersebut. Sebaliknya, kucing yang sakit akan memiliki perliku berubah secara drastis menjadi lebih agresif ketika dipegang oleh pemiliknya. Sifat agresif tersebut datang seiring dengan kondisi fisiknya yang menurun. Oleh karena itu, jika kamu melihat perubahan sifat dari kucingmu secara tiba-tiba, mungkin itu adalah tanda bahwa kucingmu sedang merasakan sakit di dalam tubuhnya.

4. Membersihkan dirinya secara teratur

Kucing yang sehat akan selalu terlihat bersih dengan bulu yang berkilau dan terlihat bersih meskipun tidak pernah dimandikan sekalipun. Menurut beberapa ahli, kucing memang merupakan salah satu hewan yang paling bersih dan paling sedikit bakteri atau kuman bersarang di tubuhnya. Sebaliknya, jika kamu melihat bulu kucingmu terlihat berantakan dengan mata penuh belek dan keluar air mata, itu tandanya kucingmu sedang dalam keadaan sakit.

5. Makan dan minum dengan porsi yang cukup

Kucing yang normal akan selalu makan dengan porsi yang tepat sesuai dengan umur dan ukuran yang dimiliknya. Dia akan mengikutimu kemanapun jika kamu tidak memberinya makan pada jadwal kamu biasanya memberikan makan. Selain itu dia akan terus berisik jika kamu tidak segera memberinya makanan yang disukainya. Sebaliknya, kucing yang sakit akan makan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan kucing yang sehat atau bahkan tidak makan sedikitpun. Selain itu, kucing yang sakit akan terasa lemas dan lembek dengan bulu yang mudah rontok ketika kita pegang.

6. Buang air secara normal

Kucing yang sehat akan membuang kotorannya secara teratur dengan bentuk feses yang padat dengan kandungan air yang lebih sedikit. Selain itu, warna feces kucing yang normal adalah berwarna kuning. Jika kucingmu mencret biasanya banyak kandungan air dalam fecesnya dan juga warnanya akan menghitam atau bahkan berdarah.

Itulah setidaknya 6 ciri kucing yang sehat ataupun sakit. Jika kamu melihat gejala ketidaknormalan pada kucingmu, sebaiknya kamu membawanya ke dokter hewan terdekat atau meminta saran dari temanmu yang lebih tahu sehingga masalah kucingmu dapat segera diatasi.

You May Also Like