6 Jenis Kucing kaki Pendek Ini Lucu Banget Deh!!!

6 Jenis Kucing kaki Pendek – Kucing ras yang memiliki kaki pendek memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis kucing ras yang lain yaitu penampilannya yang sangat menawan. Walaupun memiliki kaki yang pendek kucing ini merupakan kucing yang cukup aktif dan sangat cocok untuk diajak bermain dikala waktu senggang.

Berikut merupakan kucing-kucing kaki pendek yang ada di dunia:

1.Munchkin Cat

kucing kaki pendek munchkin-2
munchkin
munchkin-cat
Munchkin Cat Kitten (1)
Kitten Munchkin
Munchkin Cat Kitten (2)

Kucing Ini pertama kali dikembangbiakkan di Lousiana, salah negara bagian di sebelah tenggara Amerika Serikat. Kucing ini memiliki popularitasnya sendiri dari para breeder yang ada di dunia yaitu kakinya yang pendek sehingga menjadikannya terlihat lucu dan menggemaskan. Meskipun demikian kucing ini tidak diterima di berbagai organisasi kucing resmi internasional.

Penyebab dari pendeknya kaki dari Munchkin adalah mutasi acak yang terjadi ketika kucing dipersilangkan. Namun hebatnya, pendeknya kaki kucing ini tidak menyebabkan pergerakanya menjadi lambat. Mutasi yang terjadi juga tidak mempengaruhi usia dari kucing ini. Kucing ini memang tidaklah bisa melompat ke tempat yang tinggi namun dia juga bisa memanjat ke peralatan-peralatan yang cukup rendah. Kucing ini juga cukup aktif dan cocok untuk dijadikan teman bermain anak-anak maupun orang dewasa. Kucing ini juga dipakai untuk mengembangbiakkan kucing lain dengan kaki yang pendek seperti kucing Minskin.

2. Kinkalow Cat

Kinkalow Cat (1)
Kinkalow Cat (1)
kinkalow-cat11
Kinkalow Cat (2)

Kucing ini mulai dikembangbiakkan secara bebas pada tahun 1990-an dengan menyilangkan Munchkin dengan American curl. Sama seperti munchkin kucing ini memiliki panjang kaki yang pendek namun memiliki telinga yang tegak mirip dengan American curl cat.

american-curl
American Curl Cat

Tidak semua Kinkallow dapat dilahirkan dari persilangan kedua kucing tersebut karena kadang-kadang kitten yang dihasilkan dari persilangan tersebut memiliki kaki panjang dan telinga yang tegak mirip American curl. Pengembangbiakkan dan pemilihan standar kucing yang berkualitas masih dikembangkan oleh berbagai organisasi pengembang kucing ini. Mutasi yang dialami kucing tidak mempengaruhi kesehatan dan umur kucing sehingga kucing ini cukup layak untuk dipelihara.

3. Skookum Cat

skookum
Skookum Cat (1)
skookum3
Skookum Cat (2)

Kucing ini dihasilkan dari persilangan antara Munchkin dan Laperm Cat. Keunggulan dari Skookum adalah kakinya yang pendek dan bulunya yang bergelombang . Meskipun bulunya bergelombang namun tekstur bulu dari Skookum cukup halus tidak seperti kelihatannya dan perawatan bulunya juga cukup mudah untuk dulakukan.

laperm-3
Laperm Cat

Skookum pertama kali dikembangbiakkan di US dan pengembangbiakkan tersebut terus berlanjut hingga negara-negara lain seperti UK, Austraia, dan New Zealand. Meskipun demikian kucing ini belum mendapat sertifikat resmi dari lembaga-lembaga international yang berkaitan dengan standar kualitas kucing. Skookum juga merupakan kucing yang cukup aktif untuk diajak bermain dan melompat seperti kebanyakan kucing yang panjang kakinya normal.

4. Lambkin Dwarf Cat

lambkin-dwarf
Lambkin Dwarf (1)
lambkin-dwarf-2
Lambkin Dwarf (2)
selkirk-rex-4
Selkirk Rex

Kucing kaki pendek ini dihasilkan dari persilangan antara Munchkin dan Selkirk Rex. Kadang-kadang kucing ini dipanggil dengan sebutan Nanus (dwarf/kurcaci) Rex. Berdasarkan eksperimen-eksperimen yang dilakukan, kucing ini masih sangat jarang karena sangat sulit untuk mengembangbiakkan kucing ini. Dalam satu peranakan, beberapa kitten yang dihasilkan memiliki kaki yang pendek seperti Munchkin dan bulu yang keriting seperti Selkirk Rex serta beberapa kitten lain dapat memiliki kaki pendek-bulu lurus, kaki panjang-bulu lurus, dan kaki panjang-bulu kriting. Lambkin memiliki sifat yang cukup jinak yang dihiasi dengan sifat aktif dari indukannya munchkin.

5. Bambino Cat

bambino
Bambino Cat (1)
bambino3
Bambino Cat (2)
sphynx
Sphynx Cat

kucing kaki pendek yang dikembangbiakan awal abad 21 ini merupakan pencapaian para breeder yang sangat luarbiasa. Bambino dihasilkan dari persilangan antara Munchkin dan Sphynk. Bambino memiliki kaki yang sangat pendek dan memiliki kulit yang keriput. Bambino terlihat telanjang seperti indukannya sphynk meskipun kadang diselimuti bulu halus tipis.

Meskipun penampilannya seperti kucing lemah tak berdaya, nyatanya kucing ini memiliki bodi yang cukup kuat dan atletis. Kelemahan kucing ini adalah sangat sensitif jika terkena sinar matahari dengan frekuensi yang tinggi dan sensitif terhadap temperatur yang dingin sehingga harus dijaga baik-baik di dalam ruangan dengan temperatur yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Bambino harus sering dimandikan secara intensif untuk menjaga kulitnya gar tetap memproduksi minyak yang cukup.

Video Bambino Cat:

6. Napoleon Cat (Long Hair)

napoleon
Napoleon Cat (1)
Blueskies Juno is a Napoleon cat
Napoleon Cat (2)

Napoleon merupakan kucing ras yang didapatkan dari hasil persilangan antara Munchkin dengan kucing persia yang memiliki bulu panjang. Namun ada juga jenis Napoleon yang memiliki bulu pendek. Kucing ini sangatlah aktif seperti munchkin sehingga cocok untuk dijadikan teman main di weekend anda. Kucing ini juga dipengaruhi oleh sifat kucing persia yang notabene merupakan kucing yang manja dan sangat senang untuk dipangku oleh pemiliknya. Mungkin sifat ini akan membuat pemiliknya kerepotan namun karena tingkahnya yang lucu membuat hal itu terbayarkan.

Nama kucing ini diambil dari salah seorang kaisar dan jendral Perancis yang sangat terkenal akan kelihaiannya dalam merencanakan strategi perang yaitu Napoleon Bonaparte yang memiliki perawakan pendek dan kecil.

Itulah 6 jenis kucing berkaki pendek yang mungkin salah satunya dapat kamu jadikan referensi sebagai kucing peliharaanmu. Semoga informasi ini berguna dan memberikan sedikit pengetahuan tentang kekucingan kamu.

kata kucingci: kucing kaki pendek

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *