7 Kelebihan Kucing Kampung Dibandingkan Kucing Ras

5 Kelebihan Kucing Kampung Dibandingkan Kucing Ras – Dewasa ini tradisi memelihara kucing menjadi salah satu budaya masyarakat di Indonesia. Banyak orang yang memelihara kucing karena wajahnya yang imoet dan tingkahnya yang menggemaskan. Diketahui juga bahwa memelihara kucing dapat menurunkan stress akibat beban pikiran dari pekerjaan. Cukup dengan melihat tingkahnya saja ketika berlari di dalam rumah karena mengejar mainannya saja bisa membuat kita tersenyum.

Namun demikian masih banyak orang yang hanya melihat kucing dari jenisnya saja. Masih banyak yang menganggap bahwa memelihara kucing kampung tidaklah sekeren memelihara kucing ras. Meskipun kebanyakan kucing kampung memang memiliki penampilan yang tidak secantik kucing ras namun kucing kampung juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kucing ras. Dalam artikel ini akan dijelaskan kelebihan-kelebihan kucing kampung dibandingkan dengan kucing ras versi kekucingan.

1. Kucing Kampung Lebih Kebal Terhadap Penyakit

kelebihan kucing kampung kebal penyakit

Kucing kampung dikenal memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik dibandingkan dengan kucing ras. Hal ini disebabkan karena kucing kampung memiliki imunitas yang lebih baik melihat nenek moyang si kucing yang berasal dari hutan sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan.

Kucing kampung pada umumnya tidak diberikan vaksin untuk mencegah penyakit tertentu. Jika kucing ras dapat terkena berbagai penyakit yang berbahaya seperti FIV, Leukimia, Renal Failure, dan lain-lain, maka kucing kampung jarang ada yang terinfeksi oleh penyakit-penyakit tersebut. Hal tersebut juga menjadi salah-satu faktor mengapa banyak kucing yang terlantar karena angka kelahirannya yang sangat tinggi dibandingkan dengan kucing ras.

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Paling Berbahaya Bagi Si Kucing

2. Pandai Berburu

kelebihan kucing kampung pandai berburu

Tikus merupakan binatang yang kotor dan juga dapat membaya penyakit bagi manusia. Selain itu tikus juga dapat merusak perabotan rumah serta memakan segala benda yang ada. Mungkin kamu juga pernah dengar lagu tikus makan sabun. Memang benar tikus merupakan hewan pemakan segala (omnivora).

Salah satu alat pembasmi tikus mematikan sekaligus gratis adalah kucing. Kucing dibekali insting yang sangat baik dalam memangsa hewan-hewan pengerat tersebut. Karena kucing kampung memiliki garis keturunan hewan liar maka insting berburunya pun sangatlah baik berbeda dengan kucing ras yang notabene merupakan kucing rumahan. Dengan adanya kucing kampung maka dijamin rumah kamu akan terbebas dari yang namanya tikus si hewan menjengkelkan.

3. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan Yang Banyak

Kelebihan kucing kampung yang lain adalah tidak memerlukan biaya perawatan yang banyak. Kita ketahui bahwa dalam merawat kucing ras diperlukan berbagai macam perawatan yang harus dilakukan oleh si pemilik jika ingin kucingnya tetap terawat dan terlihat cantik seperti melakukan grooming, vaksinasi, check up, dan lain-lain. Banyaknya perawatan yang harus dilakukan tersebut menambah biaya yang cukup banyak mengingat makanan yang harus diberikan juga harus makanan khusus. Mungkin jika si pemilik memang memiliki uang berlebih maka tidak akan ada artinya, namun jika harga perawatan kucing lebih besar dari harga perawatan dirinya sendiri maka jangan harap uang simpanan tetap aman.

Berbada dengan kucing kampung yang kebanyakan tidak memerlukan biaya perawatan yang banyak. Mungkin kamu sering melihat kucing kampung yang bulunya sangat bersih meskipun tidak pernah dimandikan. Hal itu disebabkan karena kucing kampung memiliki kemampuan untuk membersihkan dengan baik mengingat bulunya yang tidak terlalu panjang. Selain itu juka kamu ingin kucing lebih bersih lagi, maka cukup mandikan si kucing sebulan sekali dengan shampo khusus atau shampo bayi saja.

4. Tidak Perlu Mengurungnya Dirumah

Mengingat kucing ras sangatlah rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya, maka kucing ras haruslah tetap berada di dalam rumah agar terlindung dari hewan lain yang dapat menyerangya. Hal tersebut menyebabkan kucing ras tidak tahu lingkungan sekitar tempat tinggalnya sehingga jika suatu saat dia keluar rumah karena keteledoran pemiliknya akan menyebabkan si kucing akan tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Banyak sekali kasus dimana pemilik kucing ras kehilangan peliharaannya hanya karena lupa menutup pintu saja.

Berbeda dengan kucing kampung, karena mereka jarang dikurung di dalan rumah maka akan lebih tahu arah jalan pulang dan si pemilik tidak usah merisaukan kemana si kucing pergi bermain, mencari, makan ataupun mencari jodoh.

5. Apa Saja Dimakan

kelebihan kucing kampung apa saja dimakan

Kucing ras memiliki karakteristik bulu yang sangat rentan terhadap makanan tertentu. Contohnya kucing persia yang sangat rentan terhadap protein yang dapat menyebabkan bulunya rontok. Oleh sebab itu maka kucing ras harus diberikan makanan khusus baik dry food ataupun wet food. Hal ini menyebabkan biaya pakan akan tinggi mengingat harganya yang cukup mahal.

Berbeda dengan kucing ras, kucing kampung tidak memerlukan makanan khusus meskipun jika diberikan juga tidak akan berdampak negatif. Cukup diberikan tulang ayam atau ikan tongkol sisa saja sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sekalipun bulunya rontok tidak akan berpengaruh signifikan. Selain biaya pakannya yang murah, juga akan membuat makanan sisa kita menjadi lebih bermanfaat.

6. Tidak Akan Dicuri Orang

Kucing ras yang harganya cukup mahal akan membuat orang tertarik untuk menjualnya. jika kucing ras hilang maka ada dua kemungkinan, yang pertama adalah tak tahu arah jalan pulang dan yang kedua adalah dicuri orang. Jika orang tersebut memang baik mungkin akan dikembalikan ke rumahnya namun jika orang tersebut sedang membutuhkan biaya untuk perawatan ibunya yang tengah dirawat di rumah sakit kan bisa gawat (kayak sinetron aja). Ingat kata bang napi bahwa kejahatan bukan berasal dari niat si pelaku melainkan karena adanya kesempatan untuk berbuat jahat.

Oleh karena itu kucing ras sangatlah rentan dicuri orang. Berbeda dengan kucing ras, kucing kampung tidak akan ada yang mencuri. Logikanya mana ada orang yang mau membeli kucing kampung sehingga kita tidak perlu risau jika kucing kampung yang kita miliki akan dicuri orang.

Dan kelebihan Kucing Kampung terakhir adalah

 7. Tidak Memerlukan Litter Box

Selain biaya perawatannya yang mahal, kucing ras juga perlu perhatian khusus terkait tempat dia membuang kotoran pupnya. Dalam merawat kucing ras harus selalu disediakan litter box untuk tempat pupnya dan setiap beberapa kali pemakaian, pasir tempat membuang pup tersebut harus selalu diganti. Hal ini akan menambah biaya pemeliharaannya menjadi lebih tinggi melihat harga pasir silika yang dibutuhkan juga tidaklah murah.

Tidaklah demikian dengan kucing kampung. Dia dapat pup dimana saja tanpa harus menyediakan litter box. Jangan khawatir karena biasanya kucing kampung juga tidak sembarangan dalam memilih tempat pupnya. Dia akan tahu dimana saja dia boleh membuangnya terlebih jika dia sudah terbiasa dilatih. Dengan demikian tidak diperluakan biaya untuk membeli pasir silika tempat membuang pup si kucing.

Itulah berapa kelebihan kucing kampung dibandingkan dengan kucing ras. semoga kamu yang memelihara kucing kampung dapat lebih menyayangi yang dipeliharanya

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *