15 Jenis Kucing Persia Yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Kucing Persia

Jenis-jenis Kucing Persia-Kucing Persia merupakan salah satu kucing yang paling popular untuk dipelihara dikarenakan sifatnya yang lembut dan penampilannya yang sangat menawan. Bulunya kebanyakan panjang dan memiliki beberapa variasi warna. Diantara beberapa warna kucing Persia yang paling popular adalah:

1.  Solid

jenis kucing persia-solid

jenis kucing persia solid white

Kucing ini mulai terkenal di US dan UK setelah mengikuti kontes pertamanya di akhir abad 19. Jenis kucing persia yang diduga pertama kali diketahui adalah berwarna putih solid dengan mata yang berwarna biru. Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa kucing persia merupakan kucing yang sangat tenang dan tidak seaktif kucing lain seperti bengal ataupun abyssinian.

Harus baca: 6 Jenis kucing berkaki pendek yang ada di dunia

2. Persian blue and odd eyed bicolor

purrinlot jenis kucing persia blue and odd eyed bicolor

jenis warna kucing persia selanjutnya adalah bicolor. kucing ini mulai di terima di asosiasi pecinta kucing internasional sekitar tahun 1990. Salah satu kelemahan dari kucing ini adalah susah untuk dibiakkan. Dua kucing persian bicolor belum tentu melahirkan kucing yang sama dengan induknya.

3. Persian Cameo

jenis kucing persia cameo

persian cameo

Menurut para pecinta kucing persia di seluruh dunia, kucing ini merupakan salah satu kucing persia yang memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini disebabkan oleh warnanya yang unik. Pertama kali dikembangbiakkan di tahun 1950-an dengan melakukan perkawinan silang antara persian smoke dengan persian tortoiseshell longhair.

4. Persian chincilla

jenis kucing persia chinchilla

persian chincilla

Pertama kali chinchilla muncul adalah sekitar tahun 1880 an. Kemudian pada tahun 1960 an kucing ini muncul di seri film james bond dengan menjadi hewan peliharaan dari mata-mata yang menjadi musuh terbesar james bond. Penamaan dari kucing ini diambil dari persamaan warnanya dengan hewan pengerat yang ada di amerika utara bernama chinchilla.

5. Persian Golden

jenis kucing persia golden persian golden

Diakui sebagai jenis baru di US pada tahun 1970, kucing ini memiliki daya tarik karena warnanya yang unik yaitu keemasan. Pada awalnya nenek moyang kucing ini berwarna coklat, namun karena beberapa breeder menyadari adanya potensi untuk menghasilkan warna emas maka mereka melakukan percobaan dan dihasilkanlah kucing berwarna keemasan.

6. Persian Pewter

jenis kucing persia pewter persian Pewter

Kucing ini merupakan keturunan dari kucing chinchillas. Bedanya terdapat corak hitam di beberapa bagian tubuhnya. Anakan kucing ini pada awalnya akan memiliki garis-garis hitam pada tubuhnya namun seiring berjalannya waktu, garis-garis tersebut perlahan akan memudar dan tinggal beberapa bagian saja yang masih terdapat warna hitam.

6. Persian Cameo Bicolor

jenis kucing persia cameo bicolor

Kucing ini merupakan keturunan dari kucing cameo dengan kucing persia lain sehingga dihasilkan warna cameo + warna lain.

8. Persian shaded-silver

jenis kucing persia shaded silver persian shaded silver (2)

Kucing ini memiliki beberapa kemiripan dengan chinchilla dari segi warnanya. Pada awalnya kedua jenis kucing ini dianggap memiliki warna yang sama yaitu berwarna silver. Setelah beberapa dekade, para peneliti menganggap bahwa chinchilla memiliki warna yang lebih pucat sedangkan persian shaded silver terdapat beberapa corak hitam di tubuhnya.

9. Persian Silver Tabby

jenis kucing persia tabby silver persian silver tabby

Tidak jauh berbeda dengan saudaranya chinchillas, pewter, dan juga shaded silve, kucing ini memiliki warna dasar silver namun memiliki corak (tabby) di bagian tubuhnya.

10. Persian smoke

jenis kucing persia smoke persian smoke

Persian smoke pertama kali tercatat pada tahun 1960 an. Kucing ini memiliki pola warna pada bulunya menyerupai warna dari asap rokok. Warna bulu di bagian dasar dekat kulitnya sebenarnya berwarna putih pucat, namun berubah menjadi kehitaman di bagian luar.

11. Persian smoke bicolor

jenis kucing persia smoke bicolor persian smoke bicolor

Kucing ini tidaklah jauh berbeda dengan persian smoke. Hanya saja terdapat bagian putih pada daerah dada sampai kaki depan.

12. Persian Tabby and Pached Tabby

jenis kucing persia tabby persian tabby and pached tabby

Kucing ini memiliki sejarah yang cukup panjang dibandingkan dengan jenis persia yang lain. Brown Tabby mulai muncul dalam kontes kucing di UK pada tahun 1870an, dan pada saat itu muncul klub pecinta kucing yang mulai mempromosikannya. Terdapat tiga tipe pola dari warna bulu kucing ini yaitu: klasik, mackeler, dan spotted (berbintik).

13. Persian Tabby Bicolor

jenis kucing persia tabby bicolor

persian tabby bicolor

Salah satu kucing persia yang menawan ini mengkombinasikan warna putih yang sangat mencolok di daerah dadanya dengan warna hangat yang di berikan dari corak (tabby) di bagian punggungnya.

14. Persian Tortie and Calico (tortoiseshell)

jenis kucing persia tortoiseshell persian tortie and calico

Persian torties mulai dikenal sejak akhir abad ke 19. Kucing ini merupakan salah satu kucing yang susah untuk dikembangbiakkan secara konsisten karena warnanya yang cukup kompleks.

15. Persian Bicolor

jenis kucing persian bicolor

persian bc (bicolor)

Sampai tahun 1960 an bicolor persian bukan merupakan kucing yang favorit untuk dipelihara bagi para breeder. Namun sekarang jenis kucing persia ini dapat bersaing dengan jenis kucing yang lain. Paduan warna yang pertama dari kucing ini adalah hitam dan putih. Namun pada saat ini sudah dikembangbiakkan berbagai macam paduan warna dari jenis kucing ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *