10 Jenis Kucing Ras Yang Sangat Menyukai Air

10 Jenis Kucing Yang Menyukai Air- Dalam pikiran kamu mungkin semua yang namanya kucing pasti sangat takut dengan air. Yup!! Kebanyakan Kucing memang sangat tidak menyukai air kecuai air di tempat minumnya. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kucing sangat tidak menyukai air diantaranya adalah ketika kucing terkena air misalnya dimandikan, maka bulu kucing akan basah dan menjadi lebih berat sehingga membuatnya menjadi tidak nyaman. Selain itu bagian atas bulu kucing juga sangat sensitif terhadap air dalam kadar tertentu. Sensasi dingin yang tiba-tiba ketika terkena air membuatnya terkejut dan tidak menyukainya. Kucing juga sangat sensitif terhadap bau dan kemungkinan besar setiap kucing tidak suka dengan bau air.

Namun demikian ada beberapa Jenis kucing di dunia ini tidak benci dengan air. Malah ada yang sangat menyukainya. Mereka sangat senang ketika di mandikan dan ada juga yang sangat suka berenang. Berikut ini ulasan mengenai 10 jenis kucing ras yang menyukai air.

1. Turkish Van

Foto Jenis Kucing Turkish Van Sedang Duduk

Terlihat dari namanya saja sudah bisa kita tebak bahwa kucing ini berasal dari Turki. Lebih tepatnya Turkish Van ini berasal dari daerah danau terbesar yang ada di turki bagian timur yaitu danau Van. Karena lingkungannya dekat dengan danau membuat nenek moyangnya mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga dia sangat menyukai air. Saking senangnya berenang di dalam air turkish van memiliki julukan “The Swimming Cat” atau kucing perenang.

Jenis Kucing ini memiliki bulu yang  halus dan cukup panjang (semi-longhair) serta secara natural cukup resistan terhadap air (anti air) sehingga ketika di berenang bulunya akan relatif tetap terlihat kering. Jika kamu memelihara kucing ini, kamu dapat mengajaknya mandi bersama setiap hari. Mantab kan??

2. Turkish Angora

Nenek moyang kucing angora yang sekarang banyak di temukan di Indonesia ini juga berasal dari Turki. Penampilannya yang menawan membuat dia digemari untuk dijadikan hewan peliharaan. Mungkin di Indonesia kucing angora yang sering kita lihat kebanyakan bukan 100% pure kucing angora asli melainkan telah melewati berbagai persilangan antar jenis kucing. Turkish angora memiliki bulu halus sehalus sutra. Mereka memiliki perawakan yang kuat, senang bermain, pintar, dan dapat menjalin sebuah ikatan dengan satu keluarga tertentu.

Kucing ini senang mendaki dan juga berenang. Mereka akan menyukai percikan air yang keluar dari wastafel. Jangan terkejut juga jika suatu saat kamu lupa mengunci pintu ketika sedang mandi dan kucing ini menghampiri kamu. Kucing ini juga dikenal sebagai perenang yang cukup hebat.

3. Main Coon

Salah satu jenis kucing ras terbesar ini memiliki bulu yang panjang dan kedap terhadap air. Bulu tersebut memungkinkannya untuk tetap kering ketika berada di dalam air. Bulu tersebut juga dapat mempertahankan temperatur tubuh si kucing tetap dalam kondisi yang normal. Kesukaannya terhadap air juga di yakini didapat dari sejarah nenek moyangnya yang dulu dijadikan pembasmi hama pengerat di dalam kapal laut sehingga sudah terbiasa dengan lingkungan berair.

4. Bengal

Kucing bengal berasal dari persilangan antara kucing domestik dengan kucing hutan Asian Leopard Cat (Prionailurus bengalensis). Biasanya kucing bengal yang di pelihara hanya sampai 4 kali persilangan dari induk asalnya (Filial 4). Awalnya beberapa negara menganggap bahwa kucing ini tidak layak untuk dijadikan hewan rumahan karena masih memiliki sifat yang cukup buas seperti induknya. Namun sekarang kucing ini sudah terkenal sebagai hewan peliharaan rumahan sebagai teman bermain yang sangat lincah.

Jenis kucing ini dikenal memiliki sifat sangat aktif dan juga pintar. Kucing bengal juga sangat senang dengan air melihat nenek moyangnya leopard cat sebagai kucing hutan yang sangat pandai mencari ikan. Kucing bengal akan senang mencelupkan kakinya ke dalam air dan meraih-raih mainan yang mengapung di atas air dengan kaki kecilnya. Kucing ini akan sangat terhibur jika pemiliknya sering mengajaknya bermain dengan menyediakan bak air yang sudah diisi dengan mainan-mainan kesukaannya.

5. American Bobtail

American Bobtail merupakan kucing yang banyak dikembangkan di Amerika serikat. Dari namanya kita bisa tahu bahwa kucing ini memiliki ekor yang pendek. Ekornya yang pendek tersebut disebabkan oleh mutasi genetik yang terjadi secara natural. Sifatnya yang lembut dan rasa ingin tahunya yang tinggi membuat orang ingin memeliharanya. Kucing ini juga sering dijadikan hewan yang menemani orang-orang ketika melakukan terapi karena sifatnya yang sangat tenang tersebut.

Kucing ini sangat senang bermain dengan air dengan cara mencelupkan kaki dan cakarnya kedalam air. Mereka juga sangat pintar dan sangat mudah untuk dilatih untuk melakukan beberapa hal tertentu. Jangan kaget apabila tiba-tiba keran cuci piring yang ada di rumah kamu tiba-tiba terbuka dengan sendirinya karena ulah si mpus yang satu ini.

6. Japanese Bobtail

Sama halnya dengan American Bobtail, Japanese bobtail juga memiliki ekor yang pendek. Hanya saja perawakan dan bulunya sedikit berbeda. Kucing ini sangat senang bermain dengan air. Meskipun kamu tidak akan melihat dia melompat langsung ke kolam atau bak mandi, dia akan sering membuatmu menggelengkan kepala karena tingkahnya yang jahil sering memainkan keran cuci piring. Kucing ini juga termasuk kucing yang cukup pintar dan mudah dilatih seperti berjalan diatas tali dan bermain lempar-jemput.

7. Norwegian Forest

Kucing ini merupakan kucing berbulu lebat yang sangat cantik. Mereka memiliki bulu yang anti air sehingga membuatnya akan tetap kering ketika masuk kedalam air. Bulunya yang lebat juga membuatnya tetap merasa hangat. Kucing yang satu ini sangatlah aktif , pintar, dan juga pandai berburu. Jika kamu memelihara kucing ini maka dijamin tikus-tikus menjijikan yang ada di rumah kamu juga akan sirna. Selain menangkap tikus kucing ini juga pandai menangkap ikan dan juga burung. So jangan pernah membuka tutup akuarium di rumah kamu terbuka karena bisa-bisa ikan di dalamnya akan habis dimangsanya. Mereka juga merupakan kucing yang sangat membutuhkan teman namun tidak memerlukan perhatian yang berlebihan.

Lihat: 80+ Photo Kucing Shorthair Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui

8. Abyssinian

Salah satu kucing yang paling mahal ini sangatlah aktif sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman bermain. Melompat, memanjat, dan menangkap sesuatu merupakan keahliannya. Mereka akan bosan jika hanya diam di dalam rumah saja. Mereka bukan tipe kucing yang hanya tidur-tiduran saja ketika pemiliknya sedang tidak berada di dalam rumah sehingga jangan kaget jika ketika kamu pulang perabotan rumah kamu tiba-tiba rusak.

Si Abi ini juga tidak suka di pangku. Mereka lebih senang bermain lempar-jemput dengan mainan kesukaannya. Tidak seperti kebanyakan kucing si Abi juga sangat senang dengan air. Mereka sangat senang sangat senang ketika mencelup-celupkan tangannya kedalam air di wastafel.

9. Jenis Kucing Manx

Manx berasal dari salah satu pulau yang berada di daerah laut Irlandia tepatnya di pulau Mann (Isle Of Man). Mutasi genetik yang terjadi membuat ekornya seolah-olah buntung. Daerah asalnya yang berupa pulau membuat dia sudah terbiasa dengan lingkungan berair sehingga diapun sangat senang bermain dengan air. Tidak jarang melihatnya mencelup-celupkan kaki atau cakarnya kedalam air ketika dia sedang beramain. Banyak juga orang yang menyebutnya anjing versi kucing karena dia senang membawa mainan yang dilempar pemiliknya.

10. Savannah

Salah satu jenis kucing yang paling mahal ini merupakan keturunan dari kucing hutan Serval (Leptailurus Serval) dengan kucing domestik. Nenek moyangnya sebagai kucing hutan tersebut membuat dia mempunyai sifat yang sangat aktif dan senang bermain. Karena kucing serval memiliki perawakan yang sangat tinggi, kokoh, berotot, dan telinganya cukup besar membuat mereka juga mewarisi sifat nenek moyangnya tersebut. Kucing ini sangat pintar dan juga senang bermain dengan air. 

Baca juga: 6 Jenis Kucing Hutan di Dunia Yang Hampir Punah

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *